SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Wujudkan Birokrasi Bebas Korupsi, Kantor Pertanahan Kebumen Canangkan Zona Integritas

Wujudkan Birokrasi Bebas Korupsi, Kantor Pertanahan Kebumen Canangkan Zona Integritas



PETANAHAN, Kebumen24.com - Dalam rangka untuk mewujudkan birokasi bebas korupsi, antor Pertanahan Kebumen mencanangkan zona integritas. Pencanangan zona integritas itu dilakukan sebagai langkah awal untuk menyukseskan reformasi birokrasi dengan melakukan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu, Pencanangan zona integritas itu ditandai dengan penandatanganan deklarasi oleh Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Kepala Kantor Pertanahan Kebumen Tugas Dwi Padma, Kajari Kebumen Erry Pudyanto Marwantono, Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, Senin, 9 Maret 2020. di kantor setempat,

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kebumen Tugas Dwi Padma, mengatakan, dengan membangun zona integritas salah satu tahapannya adalah melakukan melakukan pencanangan zona integritas yang merupakan bentuk pernyataan Kantor Pertanahan Kebumen siap menyandang predikat zona integritas.

Selain itu, sebagai upaya membangun zona integritas, Kantor Pertanahan Kebumen juga telah melaksanakan pelayanan-pelayanan pertanahan. Baik yang bersifat strategis nasional maupun pelayanan rutin.

"Yang kami lakukan dengan mencurahkan segala kemampuan SDM dan sarana serta prasarana yang ada di Kantor Pertanahan, dengan pola Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Tuntas," tandasnya.

Tugas memaparkan pelayanan yang dimaksud, yaitu PTSL tahun 2020 dengan target peta bidang tanah 60.000 bidang dan target SHAT sejumlah 56.750 bidang. Program ini berlokasi di 20 desa pada 12 kecamatan, dengan target penyelesaian tanggal 20 September 2020.

Kemudian, pelayanan rutin, berupa hak tanggunan elektronik (HTel), yang sampai dengan minggu kedua Maret 2020, Kantor Pertanahan Kebumen menduduki peringkat kedelapan dari 35 Kantor Pertanahan di Jawa Tengah.

 Selanjutnya, melaksanakan program reformasi agraria sebagaimana peraturan presiden nomor 86 tahun 2018 tentang reformasi agraria yang dalam tataran implementasinya Kantor Pertanahan harus bersinergi dengan Pemkab Kebumen.
 "Alhamdulillah telah terbit SK Bupati Kebumen Nomor 690/2064 tahun 2029 tentang gugus tugas reforma agraria Kabupaten Kebumen," ucapnya.

Kantor Pertanahan Kebumen juga melaksanakan IP4T (Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah). Ini dilakukan dalam rangka membangun data pertanahan untuk perencanaan pertanahan ke depan, agar lebih terarah khususnya untuk menduduk kegiatan PTSL.

"Pada 2020, kegiatan IP4T dialokasikan di Desa Kembangsawit, Kecamatan Ambal dan Pondok Gebangsari Kecamatan Kuwarasan sejumlah 4.000 bidang," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Yazid Mahfudz, mengatakan deklarasi ini merupakan langkah yang tepat dalam rangkaian program percepatan Reformasi Birokrasi. Yaitu peningkatan transparansi dan akuntabilitas aparatur sebagai upaya mewujudkan birokrasi yang berintegritas tinggi. Menurutnya, guna mewujudkan itu semua dibutuhkan kesadaran dan kerjasama semua komponen.

"Kita dukung penuh seluruh jajaran Kantor Pertanahan dalam melaksanakan tugas dapat memberikan komitmen terbaiknya," katanya.(k24/arta/Humas Pemkab)

Post a Comment

0 Comments