SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Wabup Arif : Masyarakat Diminta Waspadai Virus Corona Dan Demam Berdarah

Wabup Arif : Masyarakat Diminta Waspadai Virus Corona Dan Demam Berdarah



MIRIT, Kebumen24.com - Maraknya wabah virus corona atau covid-19 mengakibatkan kekahawatiran global karena virus tersebut sudah menyebar ke berbagai Negara. Meski begitu, masyarakat diminta untuk tidak perlu panik dan berlebihan dalam menyikapinya. Namun warga tetap dihimbau agar tetap waspada.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Arif Sugiyanto pada saat mengahdiri acara Peringatan Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW di Masjid Baitul Muttaqien Tegal RT 05 RW 03, Wirogaten, dan di Masjid Jami' "Al-Muttaqien" Desa Mangunranan, Kecamatan Mirit, Sabtu 14 Maret 2020.

Dalam kesempatan itu Wabup berpesan, agar masyarakat tetap tenang dan senantisa gaungkan kembali Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Diantaranya yang terpenting dalam mengantisipasi virus corona adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Melakukan aktifitas fisik dan menjaga stamina dengan berolahraga, serta melakukan pengecekan kesehatan berkala.
 ‘’ Mari gaungkan kembali Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dan jangan panic.Dan Hubungi puskesmas atau tenaga medis terdekat jika ada keluhan tidak sehat,’’ucap Wabup Arif.

 

Disisi lain, Wabup Arif juga menekankan beberapa hal penting yang perlu dilakukan masyarakat, salah satunya yaitu dengan meningkatkan kewaspadaan personal dengan cara mencuci tangan dengan air dan menggunakan sabun (antiseptik). Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan setiap kali menyentuh barang di area publik, seperti tangga, fasilitas umum, uang, dan sebagainya.

Selain mengantisipasi corona, pada kesempatan itu Wabup juga berpesan agar masyarakat waspada terhadap penyakit yang biasanya muncul di musim hujan terutama demam berdarah. Yakni dengan cara  3M, Menguras, Menutup dan Mengubur Genangan Air.
 ‘’ Itu penting, karna nyamuk demam berdarah menyukai genangan air bersih maka sering-seringlah memeriksa jika ada penampungan air atau wadah yang terbuka dan terisi air,”ujarnya.

 

Lebih jauh, Wabup berpesan agar masyarakat mampu memanfaatkan barang bekas terutama yang menggunakan bahan plastik untuk dikumpulkan kolektif kemudian dapat disalurkan kepada pengolahan barang bekas. Selain demi menjaga kebersihan lingkungan dari sampah plastik, Wabup juga memandang jika masyarakat mampu mengolah barang bekas berbahan plastik maka akan mendatangkan keuntungan ekonomis bagi masyarakat itu sendiri.

Terkait dengan peringatan Isro Mi’roj, Wakil Bupati menyampaikan kepada masyarakat agar peringatan Isra Mi’raj mampu menumbuhsuburkan persaudaraan, persatuan dan kesatuan. Sehingga mendukung terjaganya keamaan, serta iklim sejuk dan kondusif.

Selain menyampaikan himbauan, pada kesempatan itu Wakil Bupati juga berkomikasi dengan masyarakat melalui sejumlah kuis tentang wawasan kebangsaan seperti menyebutkan 5 sila dalam Pancasila, dan bersholawat.

Turut hadir pada acara itu, Frokopimcam Mirit, para Ulama, serta ribuan jamaah. (K24/THR)

Post a Comment

0 Comments