SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Usai Diguyur Hujan, Belasan Rumah Tertimpa Longsor

Usai Diguyur Hujan, Belasan Rumah Tertimpa Longsor


 

KEBUMEN, Kebumen24.com - Hujan deras disertai angin melanda seluruh wilayah Kabupaten Kebumen, Rabu hingga Kamis (4-5/3/2020). Bukan saja banjir yang terjadi di beberapa titik tetapi juga tanah longsor. Bahkan terlaporkan belasan rumah warga di beberapa kecamatan tertimpa material longsor.

Berdasarkan data BPBD Kebumen, tanah longsor sedikitnya terjadi 13 titik enam kecamatan. Longsor yang menimpa rumah warga terjadi di Desa Giyanti Kecamatan Rowokele menimpa rumah Marjan dan Sanudin. Kecamatan yang sama, Desa Wagidpandan menimpa rumah Madiarjo hingga tembok jebol. Longsor di Rowokele juga menyebabkan jalan desa di Sukomulyo yang menyebabkan arus lalu lintas terhambat.


Longsor di Kecamatan Ayah, terjadi di Desa Srati menimpa rumah H Alimun, Desa Kalipoh menimpa rumah Slamet dan Desa Karangduwur menimpa rumah Saiman. Selain itu, longsor juga menyebabkan akses jalan terhambat lantaran material jatuh ke bahu. Seperti di Karangduwur, Jintung, Tlogosari.

Kemudian rumah warga yang tertimpa material juga terjadi di Desa Watulawang Kecamatan Pejagoan dengan tiga rumah rusak. Yaitu milik Mandireja,  Khaidi, dan Tamiarja. Kemudian di Plarangan Kecamatan Karanganyar, Kaligending Karangsambung, Wonokromo Kecamatan Alian, Rahayu Kecamatan Padureso longsor menutup bahu jalan sehingga mengganggu lalu lintas.


Humas BPBD Kebumen Heri Purwanto, mengungkapkan pihaknya sudah menerjunkan tim untuk melakukan asesmen dan pendataan kejadian bencana di wilayah Kebumen. Disisi lain, beberapa titik sudah dilakukan penanganan seperti pembuangan material longsor ataupun pembersihan jalan.

"Kami masih terus melakukan pendataan, di beberapa titik juga terjadi pohon tumbang dan banjir," katanya.

 

Sementara itu, data mengenai pohon tumbang terjadi di sembilan titik. Yaitu Desa Caruban Kecamatan Adimulyo menimpa rumah, Kenoyojayan Ambal menimpa rumah Tusiran, Kedungwinangun Klirong pohon tumbang melintang di jalan. Desa Ambalresmi Kecamatan Ambal pohon menimpa rumah Suratmi, Tamanwinangun Kebumen pohon menimpa jalan, Desa Arjodono Kuwarasan pohon menimpa rumah Slamet dan Rajimin.

Kemudian, Desa Rangkah Kecamatan Buayan pohon tumbang menimpa rumah salah satu warga. Desa Rogodadi Kecamatan Buayan pohon juga dilaporkan menimpa rumah warga, dan satu lagi di Desa Kamulyan Kecamatan Kuwarasan pohon tumbang menyebabkan rumah Rajimin rusak.

"Untuk pohon tumbang sudah dilakukan asesmen dan beberapa titik terutama yang jalan sudah tertangani," imbuhnya. (K24/ARTA)

Post a Comment

0 Comments