SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Tekan Angka Stunting, Pemkab Kebumen Gelar Rembug Stunting

Tekan Angka Stunting, Pemkab Kebumen Gelar Rembug Stunting


 

KEBUMEN, Kebumen24.com - Dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Kebumen, berbagai upaya akan terus dilakukan oleh pememerintah untuk menekan adanya kasus tersebut. Salah satunya yaitu dengan membangun komitmen bersama agar bisa terwujud.

Hal itu disampaikan Bupati Kebumen, melalui sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Y Rini Kristiani, pada saat membuka acara Rembuk Stunting yang digelar Selasa 11 Maret 2020. Di hotel Mexolie Kebumen.


Menurut Rini, dalam menggulangi kasus stunting pemerintah tentu tidak bisa melakukanya sendiri, akan tetapi perlu adanya campur tangan dan peran serta dari semua pihak. Terutama dalam memantau dan menjaga pertumbuhan gizi bayi saat dalam kandungan.

‘’ Kami berharap semua lintas sektoral baik yang tergabung di dalam tim atau kelompok kerja konfergensi percepatan bagian stunting dapat bersinergi. Khususnya untuk mencegah percepatan stunting yang ada di kabupaten kebumen,’’tandasnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr Budi Satrio memaparkan, berdasarkan temuan di tahun 2019, sekitar 30 persen balita Indonesia mengalami stunting. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak aspek, mulai dari aspek pendidikan hingga ekonomi. 

‘’ Stunting sangat penting untuk dicegah. Hal ini disebabkan oleh dampak stunting yang sulit untuk diperbaiki dan dapat merugikan masa depan anak,’’tegas Budi. 

Adapun data Dinas Kesehatan Kebumen di tahun 2020, sedikitnya 10 Desa Lokus Stunting di wilayah kerja lima puskesmas yang ada di Kabupaten Kebumen. Diantaranya, Kecamatan Sruweng terdapat tiga desa yakni pengempon, condong campur, dan sidoagung. Selanjutnya dua desa kecamatan buluspesantren yaitu desa ampih dan tanggulrejo, desa bonjok kidul di kecamatan bonorowo, Desa jerukagung dan gadungrejo di kecamatan klirong, dan kemudian Desa singoyudan dan karanggede di kecamatan merit.(K24/IMAM)


Post a Comment

0 Comments