SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Sensasi Susur Sungai Lukulo Bersama Wabup Arif Dengan Kapal Pesiar Milik Bumdes Muktisari

Sensasi Susur Sungai Lukulo Bersama Wabup Arif Dengan Kapal Pesiar Milik Bumdes Muktisari



KEBUMEN, Kebumen24.com – Bagi sebagian masyarakat Pasti banyak beranggapan jika berlibur dengan kapal pesiar pasti membutuhkan budget yang cukup mahal. Namun berbeda halnya Kapal Pesiar yang ada di Kebumen. Kapal yang dikelola Bumdes Desa Muktisari Kecamatan Kebumen ini, menawarkan panorama keindahan alam Sungai Lukulo dengan tarif yang relativ murah.

Kapal pesiar ini dapat kita jumpai di obyek Wisata bernama Pesona Lukulo Muktisari atau Luxury, yang berada tepatnya di bawah jembatan jalan raya lingkar selatan Kebumen, Dasa Muktisari Kebumen Jawa Tengah.

Sejak adanya Kapal Pesiar ini, Sungai Lukulo yang selama ini terkesan kotor, kini memiliki daya Tarik yang tinggi, dan mulai ramai didatangi para pengunjung. Tak hanya menyedot perhatian masyarakat biasa, namun juga para pejabat dilingkungan pemkab Kebumen, dalam hal ini Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang secara langsung mencobanya.


Baru baru ini, bersama rombongan, Wakil Bupati Kebumen berkeliling menyusuri sungai lukulo deng menggunakan Kapal Pesiar tertsebut. Selain dapat merasakan sensasi naik kapal pesiar dengan sambil menikmati keindahan alam di sekitar sungai lukulo, para penumpang juga dapat merasakan kesejukan segarnya alam yang masih asri, dan sekaligus bisa berswa Fhoto dengan Background Bentangan alam sungai yang cantik.

Kapal yang diberi nama Kapal Pesiar Lukulo Muktisari ini, berukuran 3 x 10 meter dan dapat menampung hingga 30 orang. Tak hanya digunakan untuk susur sungai saja, akan tetapi kapal ini juga dapat digunakan untuk acara acara seperti rapat, ulang tahun, reuni, pernihakan, ataupun acara keluarga lainya.


Adapun keunggulan dari kapal ini yaitu, selain tarif harga yang relative terjangkau hanya sekitar 10 ribu gai perorang, dan 200 ribu tarif sewa, kapal ini juga didukung dengan Fasilitas yang lengkap. Seperti Cafe, Karaoke dan Toilet, serta alat pengamanan yang cukup. Untuk itu, para penumpang tidak perlu kwatir akan kemanan saat menaiki kapal tersebut. Terlebih air sungai lukulo di desa muktisari ini cenderung tenang dan cukup stabil dikarenakan adanya bendungan dengan kedalaman sekitar 4 meter.

Selain terdapat Dua kapal pesiar, pihak pengelola juga menyediakan satu perahu kecil berukuran 2 x 6 meter, dan dapat digunakan untuk susur sungai, memancing, bahkan dapat digabungkan dengan Kapal Pesiar untuk menambah kapasitas penumpang.


Bambang Susanto selaku pengelola perahu tersebut mengatakan, Kapal Pesiar yang di desain langsung oleh perangkat Desa Muktisari ini sengaja di rancang dalam rangka mengembangkan potensi Desa, khsusnya dibidang sector pariwisata Desa melalui Bumdes. Berawal dari ide dan gagasan yang muncul dalam musyawarah desa, Kapal ini dibuat menggunakan dana Bumdes dengan total anggran mencapai Rp. 110 juta.
 “Total anggaran itu 110 juta, dananya dari bumdes pada unit pariwisata, untuk design dan pengerjaan kita kerjakan sendiri,’’kata Bambang. 
Bambang menjelaskan, adanya wisata ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan ekosistem. Dengan begitu diharapkan masyarakat secara perlahan akan turut menjaga kebersihan sungai dan kelestarianya. Selain itu, diharapkan pula dapat mengurangi kebiasaan warga membuang sampah sembarangan. Terutama biasanya dilakukan dari atas jembatan.

‘’Selain untuk pengembangan wisata, kita juga ingin memberikan edukasi kemasyarakat akan pentingnya menjega kelestarian alam. Terutama agar masyarakat tidak membuang sampah sembarang,’’ungkapnya.

Kedepan, pihak pemerintah desa akan terus mengmbangkan wisata tersebut dengan menambhakan berbagai wahana yang menarik.

Sementara itu, Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiarto berharap, adanya wisata baru ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Menurutnya, wisata itu layak untuk dikembangkan agar kelestarian alam selalu terjaga dan sekaligus untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan alam sekitar. 

''Saya sudah coba menaiki kapal ini, ternyata nyaman dan ini sangat tepat untuk dikembangkan seklaigus untuk mengedukasi masyarakat agar lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan,'' ucap Wabup Arif. (K24/THR/ARTA)


TONTON VIDEONYA :

Post a Comment

0 Comments