SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Sebagai Daerah Tujuan Orang Asing, Tim Pengawasan Orang Asing Kabupaten Kebumen Dikukuhkan

Sebagai Daerah Tujuan Orang Asing, Tim Pengawasan Orang Asing Kabupaten Kebumen Dikukuhkan



KEBUMEN, Kebumen24.com- Arus keberadaan orang asing memerlukan pengawasan khusus untuk menghindari pelanggaran keimigrasian maupun pelanggaran hukum oleh orang asing yang datang dan menetap di Kabupaten Kebumen. Untuk itu, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia melalui Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Cilacap memandang perlu adanya pengukuhan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) tingkat Kecamatan Kabupaten Kebumen.

Sesuai surat keputusan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap nomor W13.IMI.IMI3.GR.04.02-0650 tahun 2020. Telah dikukukan Tim PORA Kabupaten Kebumen yang terdiri dari unsur camat, kepolisian serta TNI tingkat Kecamatan se Kabupaten Kebumen di Meotel Hotel, Kamis 12 Februari 2020.

Merujuk pada data jumlah orang asing wilayah Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap. Pada 2019 terdapat sedikitnya 6 orang asing izin tinggal terbatas. Sedangkan izin tinggal tetap berjumlah 2 orang. Jika diakumulasi, pada tahun lalu setiap bulan rata-rata terdapat 5 orang izin tinggal kunjungan di Kebumen.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap Barlian Gunawan menuturkan, pengukuhan Tim PORA merupakan suatu pemenuhan amanat konstitusi Negara, dimana pengawasan orang asing harus dilakukan secara terkordinasi bersama intansi terkait.

“Ini dibentuk untuk mengawasi kegiatan dan keberadaan orang asing dengan harapan terbentuknya sinergitas antar instansi,” jelasnya.

Ia memaklumi, bahwa pengawasan orang asing tidak semata hanya dibebankan pada kantor Imigrasi. Melainkan tugas ini juga diemban kepada instansi yang mengusung tugas pengawasan. Koordinasi orang asing ini merupakan forum pertukaran informasi antar instansi untuk nantinya informasi tersebut dapat dianalisa oleh Tim PORA sebagai bahan pertimbangan.

“Tugas pengawasan orang asing melibatkan intansi luar Imigrasi menjadikan Tim Pora semakin solid. Karena kompilasi dari sudut pandang untuk saling melengkapi kekurangan,” imbuh Gunawan.

 

Disebutkan, pada kesempatan sebelumnya juga telah dilakukan kegiatan serupa di wilayah Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap meliputi Kabupaten Cilacap, Kabupaten Bnayumas, Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banjarnegara.

Sementara, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz menyambut baik atas dikukuhkannya Tim PORA tingkat Kecamatan di Kabupaten Kebumen, ia berharap adanya Tim pengawasan ini dapat memudahkan koordinasi dalam kegiatan pengawasan dalam rangka menciptakan kondusifitas dan kenyamanan bersama.
 “Harus tahu siapa sih yang datang ke kecamatan dan kabupaten kita. Semua harus tahu dan dikorsinasikan ke Imigrasi,” terangnya.

Menurut Yazid, keberadaan obyek wisata alam maupun situs sejarah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi kabupaten yang memiliki luas wilayah 49 ribu hektare sebagai daerah tujuan orang asing dengan berbagai kepentingan.

“Karena jadi sasaran wisata, bisa dibayangkan keberadaan Bandara baru dari mirit ke bandara cukup 20 menit. Nah hal seperti itu yang patut kita antisipasi,” pungkasnya. (K24/Hfd).

Post a Comment

0 Comments