SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Satu Warga Kebumen Meninggal Dunia Positif Corona, ODP dan PDP Meningkat

Satu Warga Kebumen Meninggal Dunia Positif Corona, ODP dan PDP Meningkat



KEBUMEN, Kebumen24.com – Satu orang pasien warga Kebumen meninggal dunia dan dinyatakan positif karna terkena virus corona. Pasien meninggal pada Selasa kemarin, 24 Maret 2020, di Rumah Sakit Panti Rapih Jogjakarta.

Hal itu disampaiakan langsung oleh Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang juga sekaligus Ketua Gugus tugas penanggulangan corona Kebumen saat menggelar jumpa pers, di Posko penanggulangan covid-19, di ruang rapat Dinas Kesehatan Kebumen Rabu sore 25 Maret 2020.


Arif Sugiyanto menjelaskan, sebelumnya, pasien sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Palang Biru Gombong, Kabupaten Kebumen, pada 11 Maret dan kemudian dirujuk ke RS di Jogjakarta pada 16 Maret 2020.

Dari hasil laboratorium yang diterima pemkab Kebumen pada pukul 13 : 00 Wib siang tadi, pasien dinyatakan positif corona. Kendati begitu, pasien sudah dimakamkan namun tidak di Kebumen.
 "Pasien sudah dikremasi sesuai dengan agamanya di luar Kabupaten Kebumen, kami minta masyarakat kebumen tetap tenang dan jangan panik, tapi juga harus waspada,’’ungkap Wabup.

Terkait hal itu, pemkab Kebumen langsung mengambil langkah, yaitu dengan tingkat kewaspadaan tinggi dan telah mensterilisasikan rumah dan toko pasien.Selain itu, pemkab juga telah meminta keluarga pasien untuk melakukan karantina mandiri. Hal itu dilakukan untuk menentukan langkah apa yang akan diambil Pemkab dalam mengantisipasi pencegahan virus corona (covid-19) di Kabupaten Kebumen.

‘’Sebagai upaya untuk penecagahan, kita akan tutup toko milik pasien sementara waktu. Sekurang kurangnya selama 14 hari kedepan, ‘’imbuh Arif.

Lebih lanjut Wakil Bupati juga menjelaskan, dengan adanya kasus ini Pemkab kebumen juga telah mengambil langkah, yakni dengan meliburkan sebagian ASN terhitung mulai hari ini. Namun untuk kepala dinas tetap beraktifitas biasa.

‘’ Kita usulkan ke Bupati, mulai hari ini sebagian ASN diliburkan, namun untuk Kepala Dinas dan ASN yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan kita belum izinkan untuk libur,’’jelas H. Arif.

Dijelaskan Wabup Arif, Hingga hari ini dari data yang ada, jumlah ODP di Kebumen naik menjadi 578, sedangkan jumlah PDP naik menjadi 25 pasien, dan satu orang dinyatakan meinggal dunia karna positif corona. Untuk itu, kepada masyarakat Wakil Bupati Kembali menghimbau agar terus meningkatkan kewaspadaan dengan cara menggaungkan kembali gerakan masyarakat hidup sehat. Salah satunya dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta gemar mencuci tangan dengan sabun.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, Sekda H Ahmad Ujang Sugiono SH, Kepala Dinas Kesehatan HA Dwi Budi Satrio, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kebumen,MUI, PCNU dan PDM serta sejumlah tokoh masyarakat.(K24/THR)

Post a Comment

0 Comments