SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Pilketos SMP IT Logaritma Miniatur Pemilu

Pilketos SMP IT Logaritma Miniatur Pemilu



KARANGANYAR, Kebumen24.com - Pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) SMP IT Logaritma Karanganyar sangat mirip dengan proses pemilihan pada Pemilu di Indonesia. Baik dari pendaftaran pemilih, kartu suara, ruang tunggu, bilik pencoblosan, hingga pemberian tinta pada jari usai memilih.

“Tujuan diadakan Pilketos, selain merupakan agenda dalam kegiatan sekolah setiap tahunnya, Pilketos merupakan sebuah pendidikan demokrasi sejak usia dini agar tertanam dijiwa anak anak muda.” tutur Kepala SMP IT Logaritma Karanganyar Imam Arifianto, S.Pd., di sela-sela memantau pelaksanaan Pilketos di halaman sekolah tersebut, Jumat (13/3) siang.

Imam menambahkan bahwa kegiatan tersebut benar-benar menjadi pembelajaran dalam proses demokrasi. Pelaksanaan sengaja dikonsep sama dengan Pemilu agar anak-anak mempunyai bekal pengetahuan tentang tata cara memilih dalam pelaksanaan Pemilu sesungguhnya.

“Melalui kegiatan tersebut, kedepan anak-anak dapat berperan aktif dan berlatih mengembangkan potensi dalam dirinya masing-masing secara kreatif dan inovatif dalam berorganisasi.” harapnya

 

Sementara itu, Ketua Panitia Pilketos Tahun 2020 Eko Sulistiyanto, S.Pd. mengatakan, pelaksanaan Pilketos dilaksanakan mulai persiapan dari panitia kakak-kakak OSIS didampingi oleh pembina OSIS dimulai sejak satu minggu sebelumnya, mulai dari rencana kegiatan, penyiapan kartu suara, kotak suara, bilik suara sampai pada daftar pemilih tetap.

Bahwa Pilketos tersebut, tambah Eko, merupakan sebuah pendidikan demokrasi sejak usia dini, maka kami dari panitia membuat teknik pemilihan hampir mirip dengan tata pelaksanaan dalam pemilihan umum di KPU pada umumnya.

“Dalam pelaksanaan ini, semua siswa yang menjadi pemilih mendengarkan orasi atau kampanye dari masing-masing calon, kemudian akan dipanggil satu per satu untuk menyoblos kartu suara yang telah disediakan oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) masing-masing kelas.” terangnya yang juga pembina OSIS SMP IT Logaritma Karanganyar.



Terdapat 6 calon dalam Pilketos masa Bhakti 2020-2021 tersebut, yakni nomor urut 1 Muhamamad Abdul Fatah, nomor urut 2. Naufal Zaidan Al Farizi, nomor urut 3. Zaki, nomor urut 4. Safa, nomor urut 5. Alya Widya dan nomor urut 6. Hetifah Nur. Adapun Jumlah daftar pemilih dari siswa dan guru ada 160 suara. “Ini sesuai dengan jumlah surat suara yang sudah disediakan oleh Komisi Pemilihan Osis (KPO).” imbuhnya.

Dari perolehan hasil perhitungan suara Fatah memperoleh 19 suara, Naufal memperoleh 82 suara, Zaki mendapatkan 12 suara, Safa memperoleh 14 suara, Alya Widya memperoleh 4 suara sedangkan Hetifah memperoleh 6 surat suara.

Dengan demikian yang terpilih menjadi Ketua OSIS periode 2020-2021 adalah Naufal Zaidan Al Farizi dengan memperoleh 82 suara.

Adapun visi yang diusung oleh Naufal dalam orasi kampanyenya adalah “Terbentuknya siswa siswi yg berwawasan luas kuat dalam fisik dan kepribadian” sedangkan misinya adalah “Mewujudkan generasi muda yang kreatif, Menjalin ukhwah islamiyah antara dewan guru dengan para siswa-siswi, Mewujudkan generasi islam yg mandiri dan berdaulat.” pungkas Eko sembari mengapresiasi kinerja OSIS periode sebelumnya. (K24/hms Saif)

Post a Comment

0 Comments