SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Pemkab Kebumen Siapkan Anggaran dan Tim Satgas Tangani Virus Corona

Pemkab Kebumen Siapkan Anggaran dan Tim Satgas Tangani Virus Corona



KEBUMEN, Kebumen24.com- Pemerintah Kabupaten Kebumen telah menyiapkan sejumlah anggaran serta membentuk Tim Satuan Petugas (Satgas) guna percepatan penanganan virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen Dwi Budi Satrio menyampaikan, Tim Satgas yang baru terbentuk tersebut, melibatkan lintas sektor baik dari unsur Pemerintahan, TNI, Polri, Dinkes, BPBD, serta beberapa instansi terkait dalam menangkal penyebaran virus yang diduga berasal dari Wuhan, China tersebut.

"Satgas sudah dibentuk, melibatkan unsur medis dan non medis ada unsur surveillance (pengawasan) dan penanganan juga," kata dia usai Rapat Koordinasi Pencegahan Penyebaran Penanganan Covid-19 di Rumah Dinas Wakil Bupati Kebumen, Selasa, 17 Maret 2020.

 

Dijelaskan, jika sebelumnya Dinkes Kebumen menjadi leading sektor pencegahan Covid-19. Mengingat tingkat resistensi penyebaran virus mematikan ini semakin massif, maka Wakil Bupati saat ini dipercayai sebagai ketua Tim Satgas.

 "SK sudah terbit, dulunya saya yang didepan sudah direvisi sekarang pak Wabup karena memiliki daya dorong yang kuat," jelasnya.

Mengenai alokasi anggaran, terang Budi, meski belum menentukan nominal jumlah. Namun ia memastikan akan ada mata anggaran yang diperuntukan guna penanganan virus corona.
 "Belum kita anggarkan, tapi kita sudah siapkan. Jumlahnya juga belum ditentukan karena sifatnya safeting atau anggaran sesuai dengan petunjuk Permenkes," tuturnya.

Nantinya, anggaran tersebut akan digunakan untuk melengkapi sarana dan prasarana penunjang medis. Selain itu juga digunakan untuk membeli barang medis habis pakai apabila terdapat lonjakan pasien.

"Sarana misalnya ada alat rontgen ada juga barang medis habis pakai. Kalau APD sudah dikirim dari provinsi namun kita akan ada penambahan. Operasional rujukan pasien termasuk didalamnya," imbuhnya. (K24/Hfd)


Post a Comment

0 Comments