SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Launching Gerakan Garda Depan Sejahtera, Wabup Arif Berharap Kemiskinan Di Kebumen Segera Teratasi

Launching Gerakan Garda Depan Sejahtera, Wabup Arif Berharap Kemiskinan Di Kebumen Segera Teratasi



KEBUMEN, Kebumen24.com- Wakil Bupati Kebumen secara resmi melaunching Gerakan Garda Depan Sejahtera atau Gerakan 1 Perangkat Daerah 1 Desa Dampingan Menuju Desa Yang Lebih Sejahtera. Dalam Rakor Penanggulangan Kemiskinan Daerah TP2KD Kab. Kebumen.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Jatijajar Komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati senen, 16 maret 2020 juga dihadiri Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Kepala Bapeda Kab. Kebumen serta para kepala OPD di jajaran Pemkab Kebumen.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Kebumen H. Arif Sugianto menyampaikan Gerakan Garda Depan Sejahtera merupakan salah satu langkah yang ditempuh pemerintah dalam rangka Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Kab. Kebumen.

“ Garda Depan Sejahtera adalah upaya untuk percepatan penanggulangan kemiskinan di Kab. Kebumen,”ucap H. Arif.


Lebih lanjut dijelaskan dengan adanya Garda Depan Sejahtera dapat mengedukasi masyarakat untuk bagaimana mengubah mental masyarakat agar tidak miskin. Kedepan diharapkan dapat mendorong kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan di Kebumen.

“ Disini yang terpenting bagaimana mengedukasi agar bisa  mengubah mental masyarakat agar tidak mengaku aku miskin,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan rekap data penduduk miskin di Kabupaten Kebumen pada smester 2 tahun 2019, tgercatat dari Rekap Terpadu Kesejahteraan Sosial DTKS Sebesaar 648.217 jiwa. Terakiat hal itu, secara kinerja penurunan kemiskinan periode 2015-2019 menunjukkan peningkatan. Sedangkan peningkatan penurunan kemiskinan tertinggi pada periode 2017-2018 dengan penurunan 0,91 persen atau 24.790 atau 10.140 jiwa per tahun.

“ Terjadi trend penurunan yang terjadi setiap tahun dari data rekap terpadu kesejahteraan social DTKS, “ ungkapnya.

Lebih lanjut, Wabup menyampaikan, target program pemerintah daerah dalam menurunkan angka kemiskinan harus dilakukan secara sistematis, terencana dan bersinergi dengan dunia usaha dan masyarakat. (K24/IMAM)

Post a Comment

0 Comments