SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Kebumen Belum Masuk Kategori Pandemik, Jumatan Tetap Berjalan

Kebumen Belum Masuk Kategori Pandemik, Jumatan Tetap Berjalan

Foto (0ndo) : Wakil Bupati Kebumen Memimpin jalanya spraying desinfektan di komplek Masjid Agung Kebumen.


KEBUMEN, Kebumen24.com - Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Tim Wash (Water Sanitation & Hygiene) PMI Kebumen melakukan spraying desinfektan di komplek Masjid Agung Kebumen.

Kegiatan yang dilaksanakan Kamis 19 Maret 2020 itu, penyemprotan dilakukan mulai dari mihrab atau tempat yang digunakan imam sekaligus penunjuk arah kiblat, mimbar, hingga saka di dalam masjid. Seluruh karpet yang masih terpasang di dalam masjid juga masih terpasang.

Tampak hadir pada kegiatan itu, Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kebumen didampingi Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto, Sekretaris PMI Kebumen Salim Wazdy, dan takmir Masjid Agung Kebumen KH Dawamuddin Masdar.

Pada kesempatan itu KH Dawamuddin Masdar mengatakan, terkait maraknya virus corona, bahwa pelaksanaan salat fardlu lima waktu dan salat Jumat masih tetap dilaksanakan di Masjid Agung Kebumen maupun di seluruh Kabupaten Kebumen. Hal itu mengacu para fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahwa Kebumen belum masuk dalam kategori pandemik. Kendati begitu pihaknya tetap berharap Kebumen tidak terjadi kasus positif Covid-19.

“Untuk kenyamaan jamaah yang akan melaksanakan sholat di masjid, Takmir masjid Agung akan menyediakan tempat cuci tangan menggunakan sabun termasuk menyediakan hand sanitizer,” terangnya.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH mengapresiasi respon PMI Kebumen yang turut mengambil peran dalam rangka mengantisipasi penularan Covid-19 di Kebumen.

‘’ Kami ucapkan terimakasih kepada PMI Kebumen yang turut serta mendukung upaya pencegahan Virus Corona,’’ungkap Wabup Arif.

 

Perlu diketahui, sebelumnya, Tim Wash PMI Kebumen juga telah melakukan spraying di 13 titik. Yakni kantor dinas bupati, kantor dinas wakil bupati, Sekretariat Daerah Kebumen, Bappeda, Dinas Pendidikan. Kemudian rumah dinas bupati, rumah dinas wakil bupati, gedung DPRD, Mall Pelayanan Publik (MPP), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Lingkungan PMI, Gedung Presenter.

Dijelaskan Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto, penyemprotan disinfektan yang dilakukan PMI merupakan salah satu langkah yang dipandang perlu untuk dilakukan. Pihaknya akan terus melakukan penyemprotan di sejumlah titik yang dianggap perlu.

“Kami melakukan penyemprotan di Masjid Agung sebelum pelaksanaan salat Jumat. Diharapkan jamaah tenang dan tetap khusyuk dalam menjalankan ibadahnya,” kata Sabar Irianto. K24/IMAM)


Post a Comment

0 Comments