SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Jelang Ujian Nasional, Ratusan Pelajar Di Kebumen Ikuti Ruqiyah Kecerdasan

Jelang Ujian Nasional, Ratusan Pelajar Di Kebumen Ikuti Ruqiyah Kecerdasan



KEBUMEN, Kebumen24.com – Dalam rangka persiapan mengahadapi ujian nasional, ratusan pelajar yang tergabung dalam Sedulur Mahage Kebumen (SMK) mengikuti kegiatan Ruqiyah kecerdasan yang bertajuk ‘’Ruqiyah Kecerdasan Menuju Suksesnya Ujian’’. Ruqiyah tersebut dikalukan sebagai upaya  untuk mencerdaskanan para pemuda di Kebumen, baik secara akademik maupun sepiritual.

Acara yang digelar atas kerjasama dengan Jam’iyah Ruq’yah Aswaja (JRA) Kebumen itu berlangsung di Islamic Center Kebumen, Minggu 08 Maret 2020.

Seperti pada umum ruqiah lainya dalam Ruqyiah Kecerdasan yang di pandu Kyai Ikhsanudin dari Jam’iyah Ruq’yah Aswaja ini para peserta di wajibakan membawa sebotol air putih yang di gunakan sebagai media sambil membacakan kalimat kalimat tahmid, doa, solawat, dan surat surat pendek Al Qur’an. Selain  untuk menyejukan hati dan  mendinginkan pikiran, melalui bacaan bacaan kalimat tersebut di harapkan dapat menghilangkan  pikiran negatif dan hati yang kotor.


Ketua SMK Rahmat Subarkah mengatakan, Ruqiyah yang digelar ke 8 ini merupakan agenda rutin Sedulur Mahage Kebumen yang bertujuan sebagai pembekalan agar para pelajar di Kebumen bisa lebih tenang dan siap mengikuti ujian Nasional nanti. Dengan begitu diharapakan, mereka nantinya akan memperoleh nilai yang memuaskan. Disisi lain kegiatan ini juga untuk menanamkan dalam diri pemuda agar senantiasa berbkati kepada orang tua dan para gurunya.

“ Melalui Ruqiyah Kecerdasan ini kita berikan mereka pembekalan dan motivasi gara ketika saat ujian nanti mereka benar benar siap dan bisa memperoleh hasil yang maksimal. Dan kita juga berikan mereka wawasan tentang pentingnya berbakti kepada kedua orang tua serta kepada guru yang telah mendidiknya di sekolah,’’ ucap Rahmat.


Sementara itu pengurus Jam’iyah Ruq’yah Aswaja (JRA) KH Fahrodin menjelaskan bahwa Ruqiah Kecerdasan ini merupakan metode atau cara untuk mencerdasakan  siswa agar mereka  tetap semangat dalam belajar. Menurutnya  sumber kebodohan adalah orang yang memiliki sifat malas, hati galau dan dosa. Oleh  sebab itu, melalui ruqiah ini di harapkan bisa menjadikan intropeksi diri para siswa sekaligus  membersihkan  hati dan pikiran siswa agar lebih siap menhadapi ujian sekolah maupun ujian nasioanal nanti.
 “Kami ingin membimbing anak anak menjelang ujian , agar bisa sukses  mendapat nilai yang bagus dan mendapat ilmu yang bermanfaat”, jelas Fahrodin.

Fahrodin juga menambahkan, sedikitnya ada tiga langkah untuk menhilangkan sifat sifat malas dan kebodohan dalam diri manusia, yaitu dengan cara memperbanyak siwakan, rajin berpuasa, dan rutin membaca Al Quran, utamanya surat Alam Nasroh.

“Kalo pingin cerdas ya harus kita buang sifat malas dari dalam diri kita. Bentengi diri kita dengan amalan amalan yang baik. Terutama sering membaca Alquran,’’tandasnya. (K24/ARTA)

Post a Comment

0 Comments