SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Manfaat Jantung Pisang, Diyakini Dapat Mencegah Virus Corona

Manfaat Jantung Pisang, Diyakini Dapat Mencegah Virus Corona



ALIAN, Kebumen24.com – Ditengah maraknya isu virus corona atau Covid 19, nggak ada salahnya kita coba mengutip tentang keutamaan atau mamfaat dari jantung pisang. Selain mudah didapat, ternyata mimiliki khasiat yang luar biasa terutama untuk kekebalan tubuh agar tahan terhadap segala virus penyakit.

Menurut Ketua Pagar Nusa Cabang Kebumen Gus Ashari Ahmad Al-Hasani, mengatakan, Buah dan sayuran adalah komponen penting dalam menciptakan tubuh yang sehat. Dua komponen tersebut bisa didapatkan dari satu pohon pisang. Selain buahnya, manfaat lain yang bisa didapatkan dari pohon pisang adalah bunganya.

Bunga pisang atau banyak orang sering menyebutnya sebagai jantung pisang, dan juga memiliki manfaat yang tak kalah banyak dari buah pisang. Salah satunya dari segi kesehatan, yaitu dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Terkait hal itu, Gus Hari meyakini, jantung pisang ini sangat bermafaat dan bagus untuk dikonsumsi sebagai tembahan lauk makanan sehari hari. Terlebih saat marakanya Virus corona seperti saat ini. Tak jarang dari sebagian Masyarkat resah dan kawatir jika terular.

‘’ Saya kira ini baik juga untuk pencegahan Virus Corona, karna kan penyakit biasanya menular kepada orang yang dalam kondisi fisiknya lemah, dengan sering memakan jantung pisang kekebakan tubuh kita lebih kuat, jadi insya Alloh agak sulit tertular,’’ujarnya Rabu 18 Maret 2020, saat ditemui di Ponpes Alhasani Desa Jatimulyo Alian Kebumen.

Lebih lanjut Gus Hari berharap kepada masyarakat, agar tetap waspada namun jangan panic dan tetap tenang terhadap adanya virus corona. Kendati begitu jangan sekali kali meremehkanya dan tetap berusaha dengan cara menjaga kebersihan lingkungan serta berharap meminta perolongan Tuhan yang maha kuasa agar terhindar dari segalam macam penyakit, baik dhohir maupun bhatin.

" Mari kita senantiasa jaga kebersihan diri kita dan berdoa agar kebumen aman terbebas dari segalam marabahaya, terutama Virus Corona yang kini tengah ramai di perbincangkan,’’pungkas Gus Hari yang juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren Alhasani.


Sementara itu, menuurut salah seorang Ahli Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedirman Kebumen, Asih Handayani, saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa jantung pisang memiliki beberapa kelebihan diantaranya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan infeksi , mengatasi diabetes dan anemia, serta meningkatkan suplai ASI, melawan radikal bebas, meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan. Selain itu juga menjaga kesehatan saluran pencernaan, kesehatan jantung, mencegah gangguan syaraf dan mamfaat lainya bagi tubuh.

‘’ Dikarenakan di dalam jantung pisang sendiri terdapat beberapa kandungan seperti kalium, vitamin A, C dan E, mineral, lemak, asam amino esensial dan non esensial, tannin dan glikosida serta steroid. Dan Jantung pisang ini biasanya digunakan untuk pencegahan penyakit degenerative seperti diabetes mellitus , stroke, jantung koroner, kardiovaskular, obesitas, dislipidemia, hipertensi, penyakit jantung, asam urat dan lain sebagainya,’’jelasnya.

Terkait baik dan tidaknya untuk mencegah Virus Corona, Asih menjelaskan yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh agar virus seperti corona tidak dapat tidak dapat masuk. Untuk itu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang maka sangat sulit akan terular dari segala macam virus ataupun penyakit. (K24/IMAM)


Post a Comment

0 Comments