SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Jalin Kerjasama, Pemkab Kebumen Teken MOU Dengan Pertamina

Jalin Kerjasama, Pemkab Kebumen Teken MOU Dengan Pertamina

Foto Istimewa

JAKARTA, Kebumen24.com – Pemerintah Kabupaten Kebumen menjalin kerja sama dengan PT Pertamina (Persero). Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU), oleh Wakil Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto, dan President Director Pertamina Foundation  Agus Mashud.

Selain Pemkab Kebumen, dalam acara yang digelar Rabu 11 Maret 2020, di Executive Lounge Kantor Pusat PT. Pertamina (Persero) Jl. Medan Merdeka Timur, 1A Jakarta itu, PT Pertamina juga melakukan MoU dengan 18 mitra lain terdiri dari kementerian, lembaga social, perguruan tinggi dan Yayasan Dian Sastro. Hal itu dilakukan dalam rangka mengembangkan program di bidang pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan lingkungan utamanya new and renewable energy.


Pada kesemepatan itu Wakil Bupati Kebumen mengatakan, dari kerja sama ini, Pertamina akan memberikan pendampingan bagi kaum perempuan yang memiliki usaha skala rumah tangga yang meliputi pelatihan, pemasaran, hingga bantuan permodalan.

Selain itu, Pertamina juga bakal memberikan bantuan tanaman bakau untuk penghijauan di kawasan pantai Kebumen. Seperti di Desa Tanggulangin dan Jogosimo Kecamatan Klirong serta Logending pantai Ayah sekitar Rp 600 juta bibit. Adapun di bidang pendidikan, yaitu akan diberikan bea siswa mulai dari siswa SD hingga perguruan tinggi. Disisi lain juga disepakati pembangunan kilang Pertamina di Kebumen.

 "Kerjasama ini tentunya juga akan disesuaikan dengan program yang ada sebelumnya agar semuanya berjalan sinkron dan tidak mengalami kendala,"pungkas Wabup.

Wabu Arip berharap dengan kerjasama ini, dapat menumbuhkan perkonomian masyarkat dan sekaligus mempercepat kemajuan pembangunan di Kabupaten Kebumen. Baik secara ekonomi, SDM, maupun yang lainya.


Sementara itu, PT Pertamina (Persero) melalui pers rilisnya menerangkan, kerja sama ini diwujudkan melalui Pertamina Foundation. Adapun sumber dananya berupa CSR, dan ada 18 pihak yang bekerja sama dengan Pertamina. Baik dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Badan Nasional Pengelola Perbatasan, dan tiga foundation, yakni Dian Sastro Foundation, Jakarta Post Foundation, serta Hope Worldwide Indonesia. Selain itu sejumlah perguruan tinggi serta 6 anak cabang perusahaan PT Pertamina.

Dijelaskan Presiden Direktur Pertamina Foundation,  Agus Mashud mengatakan, Pertamina Foundation bertujuan untuk mendukung pencapaian kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagai wujud nyata tanggung jawab sosial dan lingkungan dari PT Pertamina (Persero). (K24/THR)

Post a Comment

0 Comments