SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Hindarkan Anak Dari Kecanduan Game Online, SDN 1 Wonosari Gelar Pelatihan Parenting

Hindarkan Anak Dari Kecanduan Game Online, SDN 1 Wonosari Gelar Pelatihan Parenting



KEBUMEN, Kebumen24.com- Guna meningkatkan Potensi dan bakat para siswa, Sekolah Dasar Negeri 1 Wonosari Kecamatan Kebumen menggelar pelatihan parenting yang bertajuk ‘’Menjadi Orang Tua Hebat Di Era Digital’’. Kegiatan tersebut diikuti oleh 130 peserta dengan menghadirkan mentor seorang psikolog dari Puskesmas Pejagoan.

Hadir pada acara itu, Kepala Sekolah dan Para Guru SDN 1 Wonosari, Pemerintah Desa Wonosari dan juga komite sekolah. Kegiatan pun berlangsung meriah Kamis,12 Maret 2020, di Aula Sekolah setempat.

Kepala Sekolah SDN 1 Wonosari Sri Widowati menyampaikan, pelatihan parenting merupakan kegiatan proses pembelajaran pengasuhan antara orang tua dan anak yang bertujuan agar para orang tua wali murid nantinya bisa lebih dini mengetahui potensi yang ada pada setiap peserta didik. Terelebih di era digitalisasi seperti saat ini, orang tua dituntut harus intens dalam mengarahkan potensi yang diminati oleh anak anak mereka.

"Dengan pelatihan parenting ini kita harapkan para orang tua bisa belajar untuk mengetahui sejak dini potensi apa yang dimiliki pada anak anak mereka,"ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Desa  Wonosari Nur Aziz menyampaikan sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan tersebut. Untuk itu pemdes akan selalu mendukung pengembangan potensi anak yang dimulai sejak dini.

" Pemdes sangat mengapresiasi dan mendukung untuk pengembangan potensi anak," katanya.

Pada kesempatan itu, Rofiah selaku Mentor menyampaikan, bahwa saat ini anak anak terutama para siswa tidak bisa terlepas dari yang namanya teknologi. Dimana anak anak sekarang lebih cendrung bermain Handpone ketimbang bermain dengan teman sesamanya.

Maka dari itu peran orang tua saat ini sangat dibutuhkan untuk memberikan pemahaman kepada anak agar bisa menyeimbangkan antara permainan digital dan bermain dengan sesama temanya diluar rumah. Meski sesekali bermain games itu perlu untuk menghilangkan penat belajar pada anak, akan tetapi jika dilakukaan lebih dari 30 menit maka bisa menggangu kesehatan psikologis pada anak.

"Di era saat sekarang ini, kita sebagai orang tua harus aktif memberi pemahaman kepada anak. Terutama dalam hal bermaian,’’katanya.

Lebih jauh menujrut Rofiah, saat ini orang tua harus bisa menghindarkan anak dari kecanduan game online apalagi pornografi. Adapun caranya yaitu bukan dengan memarahinya, akan tetapi dengan memberikan kegiatan yang positif kepada mereka agar mereka bisa berinteraksi dan mengembangkan potensi.

" Sangat memprihatinkan apabila anak anak saat ini kecanduan game online, untuk itu orang tua harus aktif dan cerdas untuk dalam mengarahkan anak anak dalam kegiatan yang positif," pungkasnya. (K24/IMAM)

Post a Comment

0 Comments