SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Hilangkan Kejenuhan Warga Saat Banjir, Santri Fajim Gelar Mancing Gratis

Hilangkan Kejenuhan Warga Saat Banjir, Santri Fajim Gelar Mancing Gratis



ALIAN, Kebumen24.com – Bagi sebagian masyarakat Kebumen, Banjir merupakan sebuah feomena alam yang biasa terjadi di saat musim penghujan tiba. Terelbih bagi yang tinggal di dataran rendah.  Meski begitu, tak sedikit para warga yang terdampak tetap merasa kewatir dan panik jika banjir sewaktu waktu datang merendam rumah mereka.

Seperti yang terjadi pada Kamis 5 Maret 2020 kemarin, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kebumen, beberapa Desa yang ada di Kebumen mengalami banjir dan sebagian lainya pohon tumbang di sertai longsor. tak terkecuali di Desa Jatimulyo Kecamamatan Alian. Meski air tidak sempat masuk kepemukiman warga, namun tanaman padi di area persawahan milik warga terancam rusak akibat di terjang banjir. Hal itu yang kemudian membuat sebagian para petani merasa panik dan pasrah.

Melihat kondisi tersebut, Santri yang tergabung dalam komunitas Forum Santri Anak Jalanan Insyaf Mengaji (Fajim) Kebumen, kumudian berinisiatif menggelar mancing gratis yang diikuti ratusan warga setempat. Pada kesempatan itu, sedikitnya ada 5000 ikan lele yang sengaja dilepas di area persawahan yang terendam banjir.


Ketua Fajim Kebumen Gus Ashari Muhammad Al-Hasani menjelaskan, kegiatan mincing gratis berawal dari ide para santri, yang bertujuan untuk menhilangkan kejenuhan warga setelah beberapa hari tidak bisa keluar rumah karena hujan deras.

‘’ Mancing gratis ini berawal darei Ide santri yang dirasa dapat membuang rasa kejenuhan setelah beberapa hari tidak sempat keluar rumah karna hujan deras. Terlebih saat banjir,’’ungkap Gus Hari.
Selain itu, kegiatan ini diharapkan bisa muncul terobosan terobosan baru untuk membangun ekonomi pedesaan pada sektor perikanan. Untuk itu Pihaknya juga berharap agar Pemerintah desa bisa tanggap dan bersatu untuk membangun perekonomian warga melalui sektor perikanan.

"Dengan kegiatan ini kami berharap pula, bisa mengetuk hati pemerintah desa untuk membangunan perekonimian masyarakat melalui budidaya ikan,’’pungkasnya.


Sementara itu, salah satu warga Imam Rangga mengatakan sangat senang dengan adanya acara tersebut. menurutnya, acara ini dapat menghibur masyarakat untuk menghilangkan segala kejenuhan karna banjir.

"Kebetulan hobi saya mancing dan ini sudah beberapa hari hujan tentunya diruman sangat jenuh dan dengan adanya mancing gratis ini sangat terhibur,"katanya. (K24/THR)

Post a Comment

0 Comments