SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Di Tuding Jadi Makelar, Begini Tanggapan Korkab PKH Kebumen

Di Tuding Jadi Makelar, Begini Tanggapan Korkab PKH Kebumen



KEBUMEN, Kebumen24.com – Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Kebumen menampik keras adanya tudingan Oknum Pendamping PKH yang menjadi makelar bantuan Pangan Non Tunai yang dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat atau KPM. Tuduhan tersebut sebelumnya dilontarkan oleh JPKP Kebumen yang ditulis melalui berita dan kedudian beradar di media sosial.

Terkait hal tersebut Agus Faurizan selaku Koordinator Kabupaten Kebumen, saat menggelar jumpa pers, Rabu 11 Maret 2020, di Gedung sekretariat PKH Kebumen menegaskan, bahwa pendamping PKH hanya bertugas untuk memastikan Keluarga Penerima Manfaat KPM PKH menerima bantuan PKH dan program komplementer lain seperti Bantuan Pangan Non Tunai BPNT, KIS, KIP.

" Pendamping PKH hanya bertugas untuk memastikan KPM PKH menerima bantuan PKH dan bantuan lain seperti BPNT, KIS, KIP," ungkapnya.

Selain itu pendamping PKH hanya menjalankan tugas program PKH dari Kementerian Sosial RI mengenai pemberian bantuan CCT conditional cash Transfer yang diberikan langsung ke rekening Keluarga Penerima Manfaat PKH. PKH juga fokus pada bidang pendidikan dan kesehatan masyarakat untuk Keluarga Penerima Manfaat atau KPM. Untuk itu atas tudingan tersebut bukan wewenang dari PKH.

" Bantuan dari PKH berupa uang cash dan langsung ditransfer ke rekening KPM, dan PKH hanya fokus di bidang pendidy dan kesehatan,"imbuhnya.

Adanya tudingan tersebut pihaknya akan menjalin komunikasi dengan JPKP (Jaringan Pendamping Kebijakan Daerah) untuk mengetahui kebenaran tentang adanya temuan kasus tersebut. Selain itu pihaknya akan memastikan siapa yang dituduhkan JPKP dalam hal ini pendamping PKH atau yang lain. Dan jika yang dituduhkan mengarah pada pendamping PKH pihaknya akan mengecek langsung ke lapangan dan akan memberikan sanksi kepada oknum  yang menjadi makelar tersebut.

" Kita akan jalin komunikasi dan memastikan siap sebenarnya yang ditujukan dari JPKP. Dan apabila tuduhan tersebut mengarah kepada pendamping maka akan diberikan sanksi kepada oknum tersebut," pungkasnya. (K24/IMAM)

Post a Comment

0 Comments