SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Dampak Penyebaran Covid-19, Polres Kebumen Berikan Dispensasi Perpanjangan SIM Bagi ODP

Dampak Penyebaran Covid-19, Polres Kebumen Berikan Dispensasi Perpanjangan SIM Bagi ODP



KEBUMEN, Kebumen24.com- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kebumen menerapkan kebijakan baru terkait dispensasi perpanjangan masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM). Langkah yang diambil ini guna menyikapi perkembangan penyebaran virus mematikan Covid-19.

Kebijakan merujuk dalam Surat Telegram dari Kapolri Nomor ST/943/III/YAN.1.1./2020 yang menyatakan, bahwa bagi orang yang dinyatakan tergolong Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau suspect memiliki SIM yang masa berlakunya habis pada saat yang bersangkutan dikarantina. Maka diberikan dispensasi untuk dapat mengikuti proses perpanjangan SIM (Bukan proses SIM baru) setelah dinyatakan sehat dengan membawa surat keterangan dari Rumah Sakit.

"Kita patuhi instruksi dari atasan dengan tidak mengesampingkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan," kata Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan melalui Kasatlantas Polres Kebumen, AKP Muh Rikha Zulkarnain saat dikonfirmasi, Selasa, 23 Maret 2020.

 

Lebih dari itu, dalam surat tertanggal 20 Maret 2020 yang ditanda tangani atas nama Kapolri, Kakorlantas Irjen Pol Istiono juga memberikan keringanan bagi orang yang habis masa berlaku SIM selama masa darurat 14 hari mulai 17-30 Maret 2020.

Dengan demikian, diberikan dispensasi pula pengurusan perpanjangan SIM setelah tanggal 30 Maret 2020 dengan prosedur perpanjangan SIM bukan seperti proses pembuatan SIM baru.

"Dispensasi perpanjangan SIM ini bentuk upaya meminimalisir penyebaran Covid-19 salah satunya dengan menekan pengumpulan banyak orang juga menerapkan sosial distancing," terang Kasatlantas.

 

Ia menyebut, kebijakan pemerintah untuk membatasi berkumpulnya banyak massa juga berdampak pada angka permohonan pembuatan SIM. Jika sebelumnya pemohon SIM mencapai 100-160 per hari, sementara saat ini hanya 80-100 pemohon per hari.

 "Terlihat juga beberapa hari terakhir pemohon SIM menunjukan indeks penurunan. Selain masa berlaku habis pada tanggal itu perpanjangan tetap kita layani," imbuhnya.

Dikatakan, bahwa Satlantas Polres Kebumen berkomitmen turut serta dalam memerangi virus Covid-19. Hal itu dibuktikan dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai pedoman Kementerian Kesehatan dengan melakukan penyemprotan disinfektan di kompleks Satlantas Polres Kebumen, serta menyediakan fasilitas pendukung pencegahan penyebaran Covid-19.
 "Bagi masyarakat dimohon untuk tetap perhatikan kebersihan diri khususnya sering cuci tangan. Setiap sudut sudah kita sediakan hand sanitizer," pungkasnya. (K24/Hfd)



Post a Comment

0 Comments