SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Cegah Bencana, Wabup Arif Pimpin Penaman Pohon Hutan Lindung DI Bukit Tirtomoyo

Cegah Bencana, Wabup Arif Pimpin Penaman Pohon Hutan Lindung DI Bukit Tirtomoyo



PONCOWARNO, Kebumen24.com – Dalam rangka menjaga kelestarian alam dan konervasi tanah, Sebanyak 1.650 pohon di tanam di atas Obyek Wisata Bukit Alam Prabu Desa Tirtomoyo Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Penanaman Pohon Hutan Lindung itu dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiarto.

Turut hadir pada kesempatan itu, perwakilan Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jateng Wilayah VIII, para OPD terkait dan Forkopimcam Poncowarno, serta sejumlah relawan dan warga setempat, Jumat 6 Maret 2020.


Adapun jenis bibit yang ditanam, yaitu terdiri dari pohon buah Pala sebanyak 1.100 bibit, Beringin 50 bibit, Pocung 50 bibit, Aren 50 bibit, Gayam 50 bibit, Durian 100 bibit, Klengkeng 100 bibit, Alpokat 50 bibit, Ketapang Kencana : 50  bibit, dan Pucuk Merah 50 bibit. Seluruh bibit tersebut berasal dari Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jateng Wilayah VIII dan Dinas Perkim LH Kabupaten Kebumen.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jateng Wilayah VIII, Lilis Dwi Kartikawati menjelaskan, Penanaman pohon ini dilakukan atas dasar intruksi Gubernur jawa tengah, yang mana dimusim penghujan ini, gubernur meminta masyarakat agar melakukan penanaman pohon sebanyak banyaknya, kususnya di wilayah yang rawan terhadap bencana banjir longsor. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya bencana dan sekaligus menjaga kelestarian sumber mata air.

‘’ Atas dasar intruksi Gubernur Ganjar Pranowo, dimusim penghujan ini, masyarakat di seluruh Kabupaten se Jawa Tengah diminta untuk melakukan penanaman pohon sebanyak banyaknya agar kelestarian alam tetap terjaga, dan sekaligus mengantisipasi adanya bencana,’’ungkapnya.

 

Selain itu, dipilihnya penamana desa ini, menurutnya Desa Tirtomoyo merupakan wilayah yang debit airnya masih kurang setabil. Terlebih saat musim kemarau tiba. Untuk itu, dengan penanaman pohon jenis buah buahan ini juga bertujuan untuk menambah penghasilan masyarkat dari sektor pertanian. Dengan begitu, maka masyarkat akan di untungkan, baik dari segi terjaganya alam, maupun secara pendapatan ekonomi masyarkatnya.

‘’Kita pilih Desa ini karna wilayah ini sudah mulai langka tanaman tanaman keras yang mungkin dulunya sudah banyak di tebang oleh sebagian masyarakat. Untuk itu kami berharap dengan penanaman ini, masyarkat akan lebih peduli dengan lingkungan sekitar bahwa betapa pentingnya pohon bagi kelestarian alam ini,’’imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan, selain menyambut baik kegiatan tersebut, pihaknya berharap melalui kegiatan ini maka kelestarian alam akan semakin terjaga dan terhindar darei bencana alam.

‘’ Atas nama pemerintah Kabupaten Kebumen kami menyambut baik kegiatan ini, kami berharap dengan kegiatan ini, kelestarian alam di kebumen akan semakin terjaga, dan terhindar dari bencana juga,’’ujar Wabup.


Lebih lanjut Wabup menghimbau kepada seluruh masyarakat kebumen, untuk terus waspada terhadap segala macam bentuk bencana, terutama banjir. Mengingat, akhir akhir ini curah hujan yang turun cukup tinggi. Meski begitu Wabup juga meminta kepada masyarakat agar selalu tetap tenang dan jangan panik jika sewaktu waktu terjadi bencana.

  “Mari bersama sama menjaga dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bila terjadi bencana. Tetap jaga kebersihan, kesehatan, buang sampah pada tempatnya, dan jauhi pohon yang tinggi atau tiang listrik saat hujan lebat,” pungkas Wabup Arif disela sela kegiatan. (k24/thr/arta)

Post a Comment

0 Comments