SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI BKNDI Siap Dukung Pemerintah Jawa Tengah Majukan Perekonomian Desa

BKNDI Siap Dukung Pemerintah Jawa Tengah Majukan Perekonomian Desa



JAKARTA, Kebumen24.com - Ketua Badan Komunikasi Nasional Desa (BKND) Provinsi Jawa Tengah, Mohamad Rosidin, mengikuti kegiatan Rapat koordinasi Nasional yang digelar di Grand Cempaka Jalan Let. Jend. Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Dalam kegiatan yang mengusung tema  ‘Refleksi 100 Hari Kabinet Kerja Indonesia II’ itu di buka secara resmi oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Badan Komunikasi Nasional Desa Indonesia Isra A. Sanaky, S, Hi, MH, Kamis 27 Februari 2020 kemarin.

Turut hadir pada kesempatan itu, sejumlah pejabat dari unsur TNI, POLRI, Kades Se Indonesia, , Ketua Dewan Kota, Ketua Forum Santri Indonesia, serta para Ketua beserta anggota BKND Se Indonesia.


Dalam sambutanya Ketua Umum Dewan Pimpinan Badan Komunikasi Nasional Desa Indonesia mengatakan, kegiatan Rakor ini bertujuan untuk menjalin hubungan talisilaturahmi dan sekaligus membangun sinergitas antara BKND dengan pihak pihak terkait. Dimana, BKND adalah sebuah organisasi yang bermitra dengan pemerintah guna mewujudkan Nawacita. Terutama dalam mensukseskan pemerataan pembangunan Desa di seluruih Indonesia.

‘’ Dengan kegiatan ini kita harapkan dapat terjalin komunikasi dan sinergitas yang kuat guna mwujudkan program program pembangunan pemerintah khusunya di Desa Desa’’tuturnya.

Lebih lanjut Isra memaparkan, sejauh ini tak sedikit sering ditemukan, pengelokasian dana Desa banyak yang tidak tepat sasaran lantaran pengalokasian ADD maupun ADD diberikan hampir sama rata. Padahal, setiap Desa memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda dan bisa di pastikan bagi Desa yang belum maju akan mebutuhkan Alokasi Dana yang besar.

“Menurut saya Sistem dibawah masih terlalu lemah sehingga tak sedikit sebagian dari para Kepala Desa yang tersangkut masalah akibat minimnya pengetahuan pengelolaan Dana Desa. Untuk itu perlunya pembekalan dari segi managemen maupun tata cara keadministrasianya,” imbuhnya.

Terkait hal tersebut, Ketua Ketua Badan Komunikasi Nasional Desa (BKND) Provinsi Jawa Tengah, Mohamad Rosidin di sela sela kegiatanya mengatakan, guna mendukung suksesnya Program Program pemerintah dalam memajukan Desa khususnya yang ada di wilayah Jawa Tengah. Dirinya berharap kedepan bisa bersama sama bersenergi agar pembangunan bisa berjalan lancar dan merata.
 ‘’Kedepan Kita akan menjalin hubungan kemitraan dengan pemerintah untuk bersama sama mamjukan Desa Desa yang ada di wilayah jawa tengah,’’ungkapnya.

 

Menurut Rosidin, imbuh dia, Jawa Tengah merupakan provinsi yang memiliki potensi yang besar, namun disisi lain juga memiliki kelemahan, salah satunya yaitu masalah kemiskinan. Dari beberapa kabupaten yang ada di wilayah jawa tengah, masih ditemukan kabupaten yang tingkat kemiskinanya masih cukup tinggi. Seperti hal nya Kabupaten Kebumen.

Untuk itu dirinya pun telah berkomitmen akan turut serta mendukung Pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan. Yakni dengan cara membuat perekomonian di desa melalui pengembangan wirausaha UMKM.

‘’ Terkait Kemiskinan, tentu kita akan Fokus terlebih dahulu untuk mendukung Program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. Terutama di kebumen kita ingin ada nantinya di bentuk perkenomian di setiap desa. Salah satunya melalui pengembangan UMKM,’’pungkas Rosidin yang juga merupakan putra asli kebumen itu.

Untuk diketahui, BKNDI merupakan organisasi kemasyarakatan yang berafiliasi dengan kementrian dan lembaga terkait dalam pemerintahan, yang membidangi urusan pembangunan, pertanian, perikanan, perkoprasian di desa yang ada di seluruh Indonesia. Adapun visi misi, yaitu Mewujudkan pembangunan nasional masyarakat Indonesia, yang mandiri, aman, damai, sejahtera dan mempunyai kepribadian berdasarkan kebersamaan dan gotong royong. (K24/THR)


Post a Comment

0 Comments