SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Atasi Dampak Virus Corona, Pemkab Kebumen Bakal Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas ASN

Atasi Dampak Virus Corona, Pemkab Kebumen Bakal Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas ASN



KEBUMEN, Kebumen24.com- Munculnya wabah virus corona di Indonesia membuat Pemerintah Pusat hingga daerah menyingsingkan lengan baju untuk bersama menggalang kekuatan untuk memerangi virus yang telah menjadi pandemik di belahan dunia.

Bahkan, belum lama ini Presiden Joko Widodo meminta anggaran perjalanan dinas para ASN dihentikan sementara pencairannya untuk dialihkan mengatasi dampak virus corona.
  "Menghadapi pandemi ini, seluruh kementerian saya minta agar menahan puluhan triliun rupiah anggaran perjalanan dinas dan pertemuan yang tidak perlu. Arahkan sebesar-besarnya untuk menolong masyarakat, buruh, petani, nelayan, pekerja, dan usaha mikro dan kecil," tulis Jokowi dalam akun Twitter-nya pada Rabu (18/3).

Lebih dari itu, saat menggelar rapat terbatas secara online tentang kebijakan moneter dan fiskal menghadapi dampak ekonomi pandemi global Covid-19. Presiden Jokowi juga meminta kepada para menteri hingga pejabat pemerintah di daerah agara memangkas rencana belanja APBN hingga APBD yang dianggap tidak menjadi prioritas.

 "Anggaran perjalanan dinas, belanja rapat, pembelian barang yang tidak prioritas saya minta dipangkas. Sekali lagi ini saya minta saya perintahkan baik kepada kementerian, pemerintah daerah, gubernur, bupati, wali kota untuk melakukan hal sama," kata Jokowi, seperti dikutip kumparan.com, Jumat (20/3).

Jokowi menyebut, relokasi anggaran yang tidak prioritas itu akan menyasar pada tiga poin penekanan. Pertama yakni mengenai penguatan bidang kesehatan dalam penanganan virus corona. Kedua, relokasi anggaran diperuntukan berupa bantuan sosial dari pemerintah untuk rakyat, dengan harapan bantuan ini mampu meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Selanjutnya, relokasi anggaran dapat digunakan untuk memberikan insentif atau kemudahan bagi para pelaku usaha agar menekan kemungkinan terjadi PHK  ketika menghadapi persoalan virus corona.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah Kebumen Ahmad Ujang Sugiono menyatakan bahwa ada penggeseran anggaran kegiatan di Dinas Kesehatan Kebumen untuk penanganan virus corona jangka pendek saat ini.

"Nanti akan kita bahas di gugus tugas. Kalau ini kan masih berlanjut ya. Sementara ini, satu dari penggeseran anggaran. Kemudian yang kedua kita bekerjasama dengan swasta untuk ikut serta membantu kita. Membantunya terserah mau barang atau apa," terang Ujang, saat ditemui usai Rapat Penanganan Virus Covid-19 bersama Komisi B DPRD Kebumen di Ruang Rapat Pimpinan DPRD Kebumen, Rabu, (18/3).

Namun demikian, kata dia, jika indeks jumlah pasien yang berkaitan dengan corona terus menunjukan trend peningkatan. Maka tidak menutup kemungkinkan pihaknya untuk menerapkan apa yang disampaikan Presiden Jokowi.

"Kita lihat aturannya dulu. Kalau aturannya boleh kita laksanakan. Coba nanti kita cermati aturannya seperti apa. Pokoknya yang penting kita sesuai ketentuan gitu aja," terang dia. (K24/Hfd)

Post a Comment

0 Comments