SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Cegah Virus Corona Masuk Pesantren, Ratusan Santri Alhasani Dicek Suhu Tubuh dan Diajak Gemar Mencuci Tangan

Cegah Virus Corona Masuk Pesantren, Ratusan Santri Alhasani Dicek Suhu Tubuh dan Diajak Gemar Mencuci Tangan



ALIAN, Kebumen24.com – Guna mencegah merebahnya virus corona atau covid-19 yang masuk ke lingkungan Pondok Pesantren, Ratusan Santri PonPes Al Hasani Desa Jatimulyo Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, satu persatu dicek suhu tubuhnya oleh tim medis dari Puskesmas setempat. Hal ini dilakukan karena di pondok pesantren dinilai lebih cepat penularannya lantaran para santri hidup dan bergumul di satu lingkungan.

Dalam kegiatan yang berlangsung Rabu 18 Maret 2020 itu, pengecekan suhu tubuh dilakukan secara bergelombang, yaitu setiap para santri yang keluar dari kamar tidur dan akan beraktivitas dilingkungan pesantren. Sehingga saat berkumpul untuk menimba ilmu, kondisi suhu tubuh para santri normal antara 36 hingga 37 derajat celcius.

Namun, jika ditemukan santri yang mencurigakan, maka tenaga medis akan melaporkan dan selanjutnya akan dibawa atau dirujuk ke rumah sakit setempat untuk mendapatkan penanganan khusus.


Selain mengukur suhu tubuh, pada kesempatan itu para santri juga diberikan pengarahan gerakan cuci tangan bersih dengan menggunakan sabun sesuai anjuran pemerintah. Dengan harapan para santri yang selalu menjaga wudhunya selama ini jugamampu mengamalkan gerakan cuci tangan dengan benar.


Pengasuh Pondok Pesantren Alhasani Gus Fachrudin Achma An Nawawi mengatakan, kegiatan pengecekan suhu tubuh santri tersebut diharapkan dapat memberi rasa aman dan nyaman santri, sehingga tidak khawatir berlebihan saat menimba ilmu di pondok.
 ‘’ Disisi lain, kita berharap para santri mampu meningkatkan kewaspadaan dengan cara melakukan cuci tangan,’’ujar Gus Fachru.

Terkait maraknya Virus Corona, Gus Fachru juga menjelaskan, pondok pesantren juga menyediakan ruangan isolasi khusus bagi para santri saat orang tuanya dating menjenguk mereka.
 ‘’ Bagi para orang tua atau tamu yang akan menjenguk para santri, kami juga menyediakan ruang isolasi khusus,’’imbuhnya. (K24/THR)

Post a Comment

0 Comments