SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Antisipasi Virus Corona, Sekolah di Kebumen Diminta Tunda Study Tour dan Kemah

Antisipasi Virus Corona, Sekolah di Kebumen Diminta Tunda Study Tour dan Kemah



KEBUMEN, Kebumen24.com- Dampak massifnya penyebaran virus mematikan corona atau Covid-19. Sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kebumen diminta untuk mengurungkan niat berkegiatan di luar lingkungan sekolah seperti study tour maupun kemah.

Himbauan tersebut menyusul terbitnya surat edaran dari Disdik Kebumen nomor 420/4929 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko infeksi corona virus di sekolah. Terdapat lima point yang ditekankan dalam surat edaran sebagai tindak lanjut surat edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen begitu responsif menekan persebaran virus corona dengan melaksanakan rapat koordinasi melibatkan lintas sektoral, pada Sabtu (14/3). Dari hasil itu, salah satunya terdapat himbauan menunda kegiatan yang melibatkan banyak siswa di tempat umum seperti study tour, kemah serta kegiatan sejenisnya untuk sementara waktu guna menyikapi munculnya Covid-19. Instruksi tersebut mulai berlaku pada hari Senin 16 Maret 2020 mendatang.

Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto menyampaikan, tidak hanya membatasi kegiatan siswa diluar lingkungan sekolah saja. Tetapi kegiatan belajar mengajar (KBM) juga diliburkan untuk sementara waktu.
 "Menyikapi kejadian corona di sebagian daerah, Inpres, dan Gubernur Jawa Tengah. Study tour atau Dharmawisata atau piknik anak sekolah keluar Kebumen ditunda. Sekolah semua tingkat dari TK sampai PT di Kebumen di liburkan atau belajar di rumah sampai tanggal 28 Maret 2020," terangnya saat ditemui Rumdinya, minggu, 15 Maret 2020.
Lebih dari itu, kegiatan rutin yang mengundang banyak massa seperti car free day (CFD) telah ditiadakan sejak akhir pekan ini. Ada pula kegiatan dinas baik di luar maupun lingkungan Pemkab Kebumen akan dibatasi, bahkan terdapat sejumlah agenda dinas yang ditunda.
 "Kegiatan event pariwisata yang mengundang unsur dinas atau hal lain dari luar Kebumen di tunda. Kunjungan dinas keluar Kebumen khususnya ke kota yang wilayahnya sudah terdampak atau KLB corona di tunda," imbuh Wabup Kebumen.

Ia menghimbau agar masyarakat tidak perlu panik serta menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari infeksi virus corona.

 "Jangan takut berlebihan dan jangan menganggap remeh. Membiasakan bersih badan dengan cara sering mencuci tangan menggunakan sabun, terutama setelah aktivitas," terangnya. (K24/Hfd)

BERIKUT VIDEO WAWNCARANYA : 





Post a Comment

0 Comments