SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Warga Karanggayam Diajak Gemar Makan Ikan

Warga Karanggayam Diajak Gemar Makan Ikan



KARANGGAYAM, Kebumen24.com- Pemerintah Indonesia melalui Dirjen penguatan daya saing produk Kelautan dan Perikanan mengajak masyarakat untuk senantiasa gemar memakan ikan. Hal itu dikarnakan ikan memiliki kandungan omega 3 yang dapat meingkatkan kecerdasan dan sekaligus mengurangi stunting.

Ajakan tersebut disampaikan Direktur Direktorat Pemasaran Kelautan danb pangan Mahmud SP MSC, pada acara Safari “Gemarikan” atau Gerakan Masyarakat Makan Ikan, yang berlangsung di Desa Giritirto Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, Minggu 23 Februari 2020.

Hadir dalam acara itu, Anggota Komisi IV DPR RI Darori Wonodipuro, yang sekaligus menyerahkan bantuan 1 juta benih ikan dan bibit pohon. Adapun bantuan ikan tersebut, nantinya akan ditebar di sungai sungai yang ada di Kebumen.

Selain itu, kegiatan juga turut dihadiri Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kebumen, para OPD terkait, Forkopimcam Karanggayam serta Pemerintah Desa Giritirto dan juga Tokoh Masyarakat setempat.


Pada kesempatan tersebut Mahmud SP MSC menjelaskan, hingga saat ini konsumsi ikan masyarakat Indonesia rata rata masih 35 kilogram perkapita. Sementara untuk Kebumen sendiri saat ini konsumsi ikan hanya 21 kilogram per tahun. Menurutnya  ini masih jauh dari target pemerintah yang seharusnya 45 kg per tahun. Untuk itu melalui kegiatan ini pihaknya berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar gemar memakan ikan.

"Konsumsi ikan masyarakat saat ini masih rendah dan kurang dari target. Untuk itu dengan kegiatan ini kita harapakan kesadaran masyarakat untuk gemar makan ikan meningkat. "ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Anggota komisi IV DPR-RI Darori Wonodipuro. Menuurutnya, dengan Gemar memakan Ikan maka masyarakat akan menjadi cerdas. Untuk itu Darori mendukung upaya tersebut.

"Dengan Gemarikan masyarakat bisa lebih cerdas,"ucapnya.

 

Sementara itu, dalam sambutan tertulis bupati yang dibacakan  Asisten 2 Setda Kebumen Tri Waluyo menyampaikan, bahwa pemerintah kabupaten Kebumen mendukung kegiatran Gemarikan tersebut. terlebih kebumen sendiri bisa memproduksi ikan berlimpah karena memiliki panjang pantai 57 KM dan dua waduk  yaitu Sempor dan Wadaslintang. Kendati begitu, menurutnya konsumsi ikan di Kebumen saat ini terbilang masih rendah atua hanya 22 kg perkapita. Bahkan,. Badan Pusat Statistik BPS mencatat hanya 1,7 persen konsumsi ikan di Kebumen.

" Kita menyambut baik kegiatan Gemarikan karena untuk meningkatkan pentingnya makan ikan kepada masyarakat,"ucapnya. ( k24/imam)

Post a Comment

0 Comments