SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Wabup Arif Jadi Irup di SMAN 1 Kebumen, Pelajar Diminta Hindari Bullying

Wabup Arif Jadi Irup di SMAN 1 Kebumen, Pelajar Diminta Hindari Bullying


 


KEBUMEN, Kebumen24.com –Wakil Bupati Arif Sugiyanto menjadi inspektur upacara bendera di SMA Negeri 1 Kebumen. Kagitan tersebut merupakan bagian dari kegiatan safari kebangsaan yang diselenggarakan oleh Kantor Kesbangpol Kebumen.

Dalam kegiatan yang berlangsung Senin 24 Fberuari 2020 itu, sedikitnya ada tiga lokasi yang menjadi sasaran kegiatan,  yaitu SMK Negeri 1 Ambal, SMA Negeri Mirit dan SMA Negeri 1 Kebumen.

Turut hadir pada kesempatan itu, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Hery Setyanto, Kepala Dinas Pendidikan Moh Amuridun, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Nurtaqwa Setyabudi. Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Panut dan Kepala SMA Negeri 1 Kebumen Racmat Priyono.


Pada kesempatan itu, Wabup Arif menyampaikan kepada para pelajar untuk tidak melalkukan bullying atau perundungan sasam pellajar di sekolah. Menurutnya, laju modernisasi dan perkembangan teknologi informasi semakin kompleks turut membawa dampak negatif. Seperti halnya perundungan, penyalahgunaan narkoba, perkelahian antar pelajar, dan berbagai kasus lain. Untuk itu, kemerosotan moral anak bangsa perlu ditangkal dengan pemberian pemahaman wawasan kebangsaan.

"Generasi muda harus memperoleh pengetahuan, mempelajari keahlian dan mengembangkan karakter yang sejalan dengan demokrasi," katanya.

Pembinaan generasi muda menjadi warga negara baik harus menjadi perhatian utama bersama. Pendidikan wawasan kebangsaan bagi pelajar dan masyarakat mampu mengembalikan eksistensi Indonesia sebagai bangsa yang beradab. Dengan memiliki nilai toleransi, menghargai nilai kemanusiaan dan menekan degradasi moral dan perilaku menyimpang.

"Semakin kuat dan kokohnya pemahaman wawasan kebangsaan, dapat menjadi benteng dari pengaruh negatif yang ditimbulkan perkembangan teknologi dan informasi," jelasnya.

Sementara itu, Nur Taqwa Setiyabudi menjelaskan safari kebangsaan dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan membumikan Pancasila di kalangan pelajar. Diakuinya, pemberian wawasan kebangsaan sudah ada dalam mata pelajaran namun perlu dikuatkan. Itu tidak terlepas adanya ancaman kepada pelajar seperti radikalisme, intoleransi, narkoba, hingga perundungan.

‘’ Kegiatan Ini diharapkan menguatkan pembangunan karakter kebangsaan kepada generasi muda," ucapnya. (K24/Thr)

Post a Comment

0 Comments