SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Usai Ucap Sumpah, 130 Anggota PPK Diminta Jaga Integritas dan Netralitas

Usai Ucap Sumpah, 130 Anggota PPK Diminta Jaga Integritas dan Netralitas



KEBUMEN, Kebumen24.com- Persiapan menghadapi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen, KPU Kebumen telah membentuk badan ad hoc tingkat kecamatan yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Sebanyak 130 anggota PPK yang telah diambil sumpah atau janji diminta untuk menjaga integritas dan netralitas dalam mensukseskan hajat politik memilih sosok pemimpin Kebumen pada September mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kebumen, Yulianto usai pengambilan sumpah atau janji  sekaligus bimbingan teknis di Mexolie Hotel, Sabtu, 29 Februari 2020. Ia menekankan, integritas dan netralitas badan ad hoc sangat dibutuhkan demi terciptanya demokrasi di Kebumen. Mengingat Pilbup mendatang yang terlibat hanya partisipasi sekup masyarakat Kebumen.

"Pilkada ini pesertanya orang-orang terdekat, bagian dari warga Kebumen. Maka yang kami tekankan kepada PPK yang mungkin secara personal memiliki hubungan dengan tokoh politik atau anggota partai politik," katanya.

Meski demikian, ia menyakini PPK yang baru saja diambil sumpahnya ini tidak berafiliasi kepada salah satu partai politik peserta Pilkada karena telah dibuktikan melalui surat pernyataan yang dibuat masing-masing anggota PPK.

"Hanya nanti dibuktikan dengan kinerja sebagai PPK, karena syarat menjadi PPK itu tidak menjadi anggota parpol dan itu sudah dibuktikan secara administratif," imbuhnya.

Dalam konteks etika, badan ad hoc diwajibkan untuk tunduk dan patuh terhadap ketentuan kode etik penyelenggara pemilu. Ia menambahkan, PPK terpilih tersebut merupakan peserta yang lolos dengan mendapatkan nilai akumulasi tertinggi dari seleksi tertulis dan wawancara. Nantinya, masa kerja PPK pada Pilbup Kebumen selama 9 bulan sejak Maret hingga November 2020.

Sebagian yang dilantik, kata Yulianto, terdapat beberapa anggota yang sebelumnya telah menjadi penyelenggara pemilihan umum baik tingkat TPS, desa maupun tingkat kecamatan. Sehingga secara pengalaman ia memandang cukup untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai PPK.
 "Ada memang yang sudah berpengalaman, dari mantan anggota PPK atau Panwas, ada juga dulu menjadi relawan demokrasi," terangnya.

Diwaktu yang sama, Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz meminta, agar para anggota PPK dapat bekerja secara profesional dan proporsional. Mengingat kucuran dana untuk penyelenggraan Pilkada tidak sedikit.

"Kebumen milik kita semua, mari kita bangun baik melalui sektor ekonomi, sosial dan politik. Kita jaga demokrasi Pilkada nanti berjalan baik karena dana yang dikeluarkan cukup banyak," ujarnya. (K24/Hfd)

Post a Comment

0 Comments