SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Unik, Gelar Rapat Diatas Kapal Pesiar Sambil Susur Sungai Lukulo

Unik, Gelar Rapat Diatas Kapal Pesiar Sambil Susur Sungai Lukulo



KEBUMEN, Kebumen24.com – Pada umumnya, menggelar sebuah rapat biasanya dilakukan disebuah Ruangan atua gedung perkantoran. Namun berbeda halnya yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Dan Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (Dispermades P3A) Kabupaten Kebumen ini terbilang Unik. pasalnya rapat Kali ini dilakukan diatas perahu sembari menyusuri sungai.

Seperti pada acara rapat Lomba Desa yang digelar Selasa 25 Februari 2020. Dengan menggandeng beberapa  Dinas terkait, Kepala Dispermades P3A Kebumen Frans Haidar membahas mengenai teknis lomba desa tahun 2020, di atas perahu milik Bumdes Desa Muktisari Kecamatan Kebumen, sambil menyusuri sungai Lukulo, tepatnya di bawah jembatan jalan raya lingkar selatan Desa Muktisari Kebumen Jawa Tengah.


Bambang Susanto selaku pengelola perahu tersebut mengatakan, Perahu yang di Desain dan dikerjakan langsung oleh perangkat desa setempat ini dapat digunakan untuk kegiatan rapat atau diskusi layaknya Kapal Pesiar.

Perahu yang diberi nama Kapal Pesiar Lukulo Muktisari ini memiliki daya tampung hingga 30 penumpang , sehingga dapat digunakan untuk acara acara seperti rapat, ulang tahun, reuni, atau untuk acara keluarga. Selain itu dalam perahu ini juga terdapat berbagai fasilitas seperti Cafe, Karaoke, dan Toilet.
 ‘’Perahu ini sengaja kami rancang dalam rangka pengembangan potensi Desa khsusnya dibidang wisata Desa yang diprakasai oleh Bumdes,’’ungkapnya.

 

Sementara itu Frans Haidar mengatakan dipilihnya rapat diatas perahu agar menambah suasana lebih santai sambil menikamati keindahan alam. selain itu juga dalam rangka mempromosikan wisata Kebumen.

Adapun rapat ini, yaitu membahas terkait lomba desa yang akan di mulai dari bulan Februari hingga Maret 2020 mendatang. Rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat perkembangan dan kinerja Desa, dalam menyusun perencanaan pelaksanaan program program kerja setiap masing masing Desa.

Lomba tersebut bertujuan untuk memotivasi setiap Desa, agar dapat meningkatkan kinerja dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

"Lomba Desa ini tujuannya untuk mengevaluasi desa dalam hal penyelenggaraan pemerintah Desa, peningkatan ekonomi, dan peningkatan kesejajteraan masyarakat," kata Frans.

 

Adapun kategori dalam perlombaan tersebut, yakni meliputi bidang sektor pertanian, pariwisata , penanggulangan kemiskinan, dan pengentasan pengangguran. Dimana nantinya setiap kecamatan akan menyertakan 4 Desa untuk 4 kategori yang dilombakan.

"Dalam lomba ini setiap kecamatan akan mengyertakan 4 desa yaitu satu desa satu kategori,’’imbuh Frans Haidar.

Lebih jauh Pihaknya menjelaskan, dalam lomba desa ini nantinya akan diambil peringkat 1,2, dan 3 dari setiap masing masing kategori. Bagi yang terpilih akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai puluhan juta rupiah, dan bantuan keuangan sebesar Rp 200 juta yang akan diberikan pada Tahun 2021. Dalam hal ini uang tersebut akan digunakan untuk merealisasikan perencanaan program kegiatan yang telah dilombakan.

"Bagi Desa nantinya yang menang berhak mendapatkan uang tunai dan bantuan keuangan,’’pungkasnya. (k24/arta)

Post a Comment

0 Comments