SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Seru, Pelajar SMA Negeri 1 Kebumen Flashmob Tari Cepetan Bareng Wakil Bupati

Seru, Pelajar SMA Negeri 1 Kebumen Flashmob Tari Cepetan Bareng Wakil Bupati



KEBUMEN, Kebumen24.com – Sebuah aksi yang tidak biasa namun menarik dilakukan oleh Ribuan pelajar SMA Negeri 1 Kebumen. Yakni flashmob tari cepetan. Dan lebih meriahnya lagi, Aksi spontan itu diikuti oleh Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama sejumlah pejabat Pemkab Kebumen serta para Guru sekolah setempat.

Gerakan demi gerakan Mereka lakukan secara kompak dan membuat menarik perhatian dari para warga yang sedang melintas. Aksi yang dilakukan usai Upacara Bendera di Jalan Veteran depan Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kebumen, berlangsung sangat meriah, Senin pagi, 24 Februari 2020.


Selain untuk nguri-uri budaya, kegiatan itu juga sebagai cara agar kesenian tari cepetan semakin dikenal masyarakat luas.

Seperti diketahui, Tari Cepetan Alas merupakan salah satu tarian tradisional di Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Tarian ini sangat unik karena menampilkan sendratari dengan seluruh pemainnya menggunakan topeng berbagai karakter. 

Cepetan Alas ini menceritakan peristiwa pembukaan lahan permukiman di Karanggayam. Yakni pada 1943, ketika Jepang berkuasa di Indonesia. Warga Karanggayam pun harus mengalami penderitaan dan kekurangan serta terkena wabah mematikan.


Sementara warga sama sekali tidak bisa mengandalkan sektor pertanian, karena kekeringan dan kondisi yang memprihatinkan saat itu.  Bukan hanya untuk mengusir rasa takut warga saat membuka hutan yang dikenal warga Curug Bandung, untuk lahan permukiman dan pertanian baru.

Warga kemudian menjadikan "Cepetan " untuk mengusir penjajah agar tidak mengganggu wilayah Karanggayam yang baru. Dengan "Cepetan" warga menyamar menjadi cepet alas dengan menggunakan topeng. Usaha itu dilakukan untuk menakut-nakuti Jepang. Dari cerita tersebut, terciptalah Tari Cepetan Alas. (K24/THR)

Post a Comment

0 Comments