SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Pemuda Di Kebumen Diajak Gunakan Internet Sebagai Sarana Memajukan Bisnis

Pemuda Di Kebumen Diajak Gunakan Internet Sebagai Sarana Memajukan Bisnis



SRUWENG, Kebumen24.com-  Pimpinan Daerah Nasiyatul Aisiyah (PDNA) Kebumen mengajak kalangan muda untuk menggunakan internet tidak hanya sekedar sebagai sarana media sosial saja, akan tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk menjalankan sebuah bisnis.

Hal itu dikemukakan pada acara Seminar Kewirausahaan yang berlangsung di Aula Rumah Makan Yunani 19 Sruweng, Kabupaten Kebumen, Sabtu 22 Februari 2020 kemarin. Hadir dua narasumber pada kesempatan itu, yakni dr.Faiz Alauddien Reza Mahardika dan Aan Saeful Islam yang menyamapikan mengenai perkembangan teknologi dewasa ini, harus mampu mendorong perubahan perilaku masyarakat serta terciptanya peluang bisnis dan pekerjaan baru.

Dalam acara yang diikuti 150 peserta itu, Faiz Alauddien Reza Mahardika mengajak kepada kalangan muda untuk dapat beradaptasi dengan perubahan yang dibawa oleh arus revolusi industri 4.0. Menurutnya dengan kemajuan era sekarang ini, tidak cukup hanya dengan mengadalkan kecerdasan intelektual saja, namun juga dibutuhkan kemampuan bakat keterampilan.

“Bukan siapa yang kuat tapi industri 4.0 adalah siapa yang kreatif dimana soft skill merupakan kunci utamanya,”ucapnya.


Lebih lanjut, Pengusaha Muda yang akrab disapa Reza ini juga memberikan kiat khusus memulai bisnis hingga berjalan secara kontinuitas. Hal itu semua tentu tidak terlepas dari metode yang disebut lima tangga bisnis, yakni Starting, Profiting, Systemizing, Multiplying, dan Investing.

 “Harus digenggam erat adalah Starting, Profiting, Systemizing, Multiplying, Investing. Kita kita mau menghasilkan yang berbeda tetapi dengan cara yang sama itu suatu yang sulit tercapai. Ternyata bisnis itu bukan menjadi superman tapi bagaimana kita menjadi superteam,” jelas dia.

Sementara itu, Aan Saeful Islam sosok pemuda kreatif asal Kabupaten Cilacap yang menggeluti bisnis online menjelaskan, Bisnis jual-beli secara online semakin menjanjikan di era revolusi industri 4.0. Promosi yang tidak harus digembar-gemborkan serta tidak perlu menyediakan biaya operasional yang tinggi untuk membuat bisnis jual-beli secara online semakin besar.

 “Banyak kemudahan yang ditawarkan pada saat ini, jika nanti atau sudah menjadi salah satu pelaku bisnis, maka persiapkan bisnis anda agar mampu bersaing dan berkembang,” jelasnya.

Menurutnya, penggunaan internet dalam proses berbisnis akan terus mengalami perkembangan. Mulai dari pertukaran informasi secara elektronik ke aplikasi strategi bisnis, pemasaran, penjualan, hingga pelayanan pelanggan. Internet juga akan mendukung komunikasi dan kerja sama global. Selain itu, internet juga memungkinkan orang dari suatu organisasi atau lokasi yang berbeda dapat bekerja sama sebagai satu tim virtual untuk mengembangkan, memproduksi dan memasarkan produk atau pelayanan.

Terpisah, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kebumen  KH Abduh Hisyam menyampaikan, sudah saatnya generasi milenial memulai bisnis secara kreatif dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana. Sehingga orientasi yang terbangun tidak lagi berpaku pada pakem generasi terdahulu.

“Kalau bisa keinginan menjadi profesi yang orang dulu inginkan itu dirubah. Meraka dituntut berkreatifitas  harus jadi bos memiliki kemandirian dan kemerdekaan dalam keuangan sehingga dapat menentukan nasib kedepan,” tandasnya. (K24/Hfd)

Post a Comment

1 Comments

  1. Acaranya kereen... Pembicaranya kece kece bangett.. Semoga PDNA bisa sering-sering bikin acara beginiannn

    ReplyDelete