SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Pastikan Tujuh Program Kapolri Berjalan, Kapolres Kebumen Intens Kunjungi Polsek

Pastikan Tujuh Program Kapolri Berjalan, Kapolres Kebumen Intens Kunjungi Polsek



KEBUMEN, Kebumen24.com- Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan beserta jajaran pejabat utama Polres Kebumen melakukan kunjungan kerja ke sejumlah Polsek diwilayah Kebumen. Kunjungan itu guna memastikan tujuh program yang digalakan Kapolri berjalan dengan baik.

 "Sebagai sarana membangun komunikasi serta memastikan pelaksanaan tujuh program prioritas bapak Kapolri terutama penguatan pengawasan internal," kata Kapolres, kepada awak media, Rabu 26 Februari 2020.

Disela kegiatan, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Kebumen menyampaikan, selain merupakan salah satu program kerja, kegiatan itu juga sebagai upaya pendekatan kepada anggota personel di tingkat Polsek.

 "Secara formal memang kunjungan kerja, tapi muatan isinya silaturahmi. Kita kepingin lebih dekat lagi tidak hanya dengan person tapi juga suasana dan bangunan," ucapnya.



Disebutkan Kapolres, tujuh program prioritas Kapolri tersebut diantaranya mewujudkan SDM unggul, pemantapan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan, pemantapan manajemen media, penguatan sinergi polisional, penataan kelembagaan dan terakhir yakni mengenai penguatan pengawasan.

Diawali kunjungan ke Polsek Alian, Kapolres berkesempatan mengunjungi dua Polsek lain yakni Polsek Padureso dan Polsek Poncowarno. Kegiatan itu juga diisi dengan penanaman pohon disekitar Mapolsek serta tabur benih ikan di Waduk Wadaslintang sebagai wujud kepedulian terhadap ekosistem lingkungan.


Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, kunjungan kerja selain sebagai tindak lanjut atas instruksi Kapolri bahwa program yang dicanangkan memang benar telah berjalan. Pada kesempatan itu juga dapat dijadikan bahan evaluasi apabila terdapat sesuatu yang perlu diperbaiki.

"Tidak bisa hanya melalui surat saja dan itu harus sampai ke bawah harus tatap muka, Nanti ada mekanisme dan teknis yang disampaikan masing-masing fungsi di Polsek," paparnya.
Kapolres juga menekankan, pentingnya sinergitas yang melibatkan lintas sektoral. Ia mencontohkan, jumlah personel anggota kepolisian di Polsek cukup terbatas. Artinya, tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang ada. Jika sinergitas tidak terbangun dengan baik. Maka, kata Kapolres, sulit untuk menciptakan kondusifitas keamanan lingkungan serta mengakomodir permasalahan yang muncul di tengah masyarakat.

 "Anggota di Polsek Alian ada 20 ini harus mencover 75 ribu masyarakat Alian. Berarti rata-rata satu personil harus mengawasi ribuan orang. Jika tidak sinergi dengan instansi lain tentu tidak tercipta situasi aman," jelasnya. (K24/Hfd)

Post a Comment

0 Comments