SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Mulai Hari ini, Tilang Elektronik Sudah Berlaku Di Kebumen

Mulai Hari ini, Tilang Elektronik Sudah Berlaku Di Kebumen



KEBUMEN, Kebumen24.com - Kebijakan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) mulai hari telah diberlakukan di Kebumen. Para pengendara diminta untuk tertib dan selalu mentaati lalu lintas.


E-TLE itu secara resmi dilaunching langsung oleh Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, di Satlantas Polres Kebumen, Jumat 28 Februari 2020. Adapun lokasi yang mulai diterapkan yaitu simpang lima Desa Kebulusan Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

Turut hadir dalam acara Launching tersebut, Wakapolres Kompol Prayudha Widiatmoko, Kasat Lantas AKP Muh Rikha Zulkarnain dan para Kabag Kasat di lingkungan Polres Kebumen. Selain itu, acara juga dilakukan simulasi penilangan melalui layar monitor komputer oleh Kapolres dan juga dihadirkan dua warga yang sudah menerima tilang elektronik.

Dalam kesempatan tersebut, Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Muh. Rikha Zulkarnain mengatakan terkait penerapan tilang elektronik proses sosialisasi kepada masyarakat terus dilakukan. Dimana, penerapan tilang dilaksanakan dengan memasang kamera khusus di titik lampu merah simpang lima Pejagoan. Jika terdapat pelanggar maka operator akan mengambil gambar pengendara tersebut.

"Dalam E-TLE ini, Rekaman gambar dan nomor kendaraan pelnggar dapat diketahui secara mudah. Baik identitas dan Alamat sesuai dengan identitas pelanggar akan dikirimi surat tilang dan penerima harus segera melakukan konfirmasi ke petugas," katanya.

 

Dijelasknya, dalam prosesnya, bagi pelanggar lalu lintas akan diberikan teguran sebanyak tiga kali dan pabila tidak segera melakukan konfirmasi, maka Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) milik pelanggar akan segera dilakukan pemblokiran.

"Kalo ada konfirmasi, pelanggar bisa menindaklanjuti dengan cara melakukan pembayaran sesuai dengan jenis pelanggaran yang telah dilakukan," imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres AKBP Rudy mengatakan,  penerapan E-TLE bukanlah hanya meningkatkan kualitas kepolisian khususnya Satlantas saja. Akan tetapi agar masyarakat semakin tertib dalam berlalu lintas. Sehingga diharapkan ke depan masyarakat akan sadar dan mematuhi ramb u rambu lalulintas tanpa harus dilihat oleh petugas.

"Dengan adanya E-TLE ini, semoga masyarakat akan semakin tertib, dan Ke depan jumlah kamera ini akan ditambah di beberapa titik ataupun juga dipindah ke lokasi lain,"jelas Kapolres. (K24/THR)

Post a Comment

0 Comments