SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Lomba Pelaksana Gotong Royong Jateng, Kelurahan Panjer Kebumen Masuk Tiga Besar

Lomba Pelaksana Gotong Royong Jateng, Kelurahan Panjer Kebumen Masuk Tiga Besar



KEBUMEN, Kebumen24.com - Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen berkesempatan menjadi kelurahan pertama di Kebumen yang mewakili dalam lomba gotong royong tingkat provinsi Jawa Tengah. Dalam lomba ini Panjer yang masuk tiga besar mendapat kunjungan dari tim penilaian Porvinsi Jawa Tengah.

Adapun tim penilai dipimpin oleh Sekretaris Dispermadesdukcapil Agus Suranto dan disambut oleh Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Balai Kelurahan Panjer, Rabu, 26 Februari 2020.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kepala Dispermades P3A Frans Haidar, Ketua TP PKK Kabupaten Kebumen Zuhroh Yazid Mahfudz, Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara, Kepala Kejari Kebumen Erry Pudyanto Marwantono, serta sejumlah pejabat lainnya. Kegiatan ditandai dengan pemukulan kentongan bersama.


Dalam kesempatan itu, Wabup Arif mengatakan, terpilihnya Panjer mewakili Kebumen setelah melalui serangkaian penilaian awal di level kabupaten. Menurutnya, Sikap gotong royong masyarakat terlihat dari sejumlah program seperti inovasi pemilihan ketua RT dan RW secara langsung. Program ini sebagai upaya pendidikan politik kepada masyarakat khususnya Panjer.

"Inovasi pengelolaan sampah yang baik dan inovatif, pembuatan maggot sebagai pakai ternak, Jumat berkah yakni memberikan makanan kepada jamaah salat Jumat, kaum dhuafa dan musafir," katanya.

Lebih lanjut Wabup Arif mengatakan, bahwa dirinya optimis Kelurahan Panjer dapat meraih prestasi terbaik. Untuk itu Wabup berharap, kegotongroyongan masyarakat di Panjer dapat terus dilanjutkan tanpa berhenti usai program lomba.  
 "Terus bahu membahu dalam pembangunan baik fisik dan non fisik demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya. 


Sementara itu, Agus Suranto menjelaskan, dalam lomba gotong royong ini kelurahan memiliki empat aspek penilaian yakni kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya agama dan lingkungan hidup. Gotong royong diakuinya tengah digalakkan di Jawa Tengah untuk ikut serta meningkatkan kesejahteraan dan mengentaskan kemiskinan.

"Ada empat bidang yang dinilai yaitu kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya dan keagamaan, serta lingkungan hidup. Dengan harapan dapat membantu mengentaskan kemiskinan di wilayah perkotaan dan perdesaan," terang Agus Suranto.

Selain Kelurahan Panjer Kebumen, Agus juga menjelaskan, ada dua kelurahan di Jawa Tengah yang masuk tiga besar dalam lomba pelaksana gotong royong 2020 kali ini. Yaitu, Kelurahan Pudakpayung (Kota Semarang) dan Kelurahan Tidar Selatan Kota Magelang. (K24/THR)

Post a Comment

0 Comments