SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Jual Mas Ghaib, Warga Asal Desa Grenggeng Karanganyar Dibekuk Polisi

Jual Mas Ghaib, Warga Asal Desa Grenggeng Karanganyar Dibekuk Polisi



KEBUMEN, Kebumen24.com – Seorang Pria berinisial WJ (58) warga Desa Grenggeng RT/01/02 Kecamatan Karanganyar Kebumen terpaksa harus berurusan dengan pihak kepolisian Polres Kebumen.

Tersangka di tangkap lantaran terbukti telah melakukan penipuan dengan modus menjual emas Ghaib terhadap korban bernama Suwartono (68) warga Dukuh Binangun Kelurahan Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kebumen Jawa Tengah. Akibat penipuan yang dilakukan oleh tersangka korban yakni  Suwartono (68) mengalami kerugian uang sebesar Rp 18.790.000.


Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan Saat Menggelar Konferensi Pers Jumat 14 Februari 2020 kemarin di Mapolres menjelaskan, Kejadian tersebut berawal pada Jumat 27 Desember 2019 lalu. Kala itu sekitar pukul 14.00 WIB, pelaku mendatangi rumah korban. Kepada korban Wijaya menyampaikan jika ada emas seberat 2 kilogram lebih yang belum diangkat dari alam Ghaib. Adapun mbah penunggu Ghaib telah meminta  agar emas tersebut diangkat karena ingin pulang.
 “Tersangka mendatangi rumah korban dan menyampaikan bahwa ada emas 2 kilogram lebih, mbah yang menunggu emas minta diangkat karena ingin pulang,” tutur Kapolres Kebumen AKBP Dr Rudy Cahya Kurniawan.

Mendapat tawaran pelaku, Korban pun dengan mudah percaya dan tergiur dengan apa yang disampaikan oleh tersangka. Hingga akhirnya tersangka pun meminta korban memenuhi segala uborampe atau persyaratan berupa mahar uang dan kembang tujuh rupa untuk mengangkat emas tersebut.

Kemudian, pada Senin 6 Januari 2020 lalu, korban pun memberikan mahar tersebut kepada tersangka. Setelah itu tersangka kemuaian berpura–pura melakukan ritual. Ini dilaksanakan di kamar milik korban.

 “Setelah keluar terlapor meminta kepada korban agar membuka bungkusan yang berupa emas tersebut Jumat 7 Februari 2020. Pada saat waktu yang ditentukan tiba, korban kemudian membuka bungkusan yang diberikan oleh terlapor dan ternyata emas yang diberikan kepada korban bukan emas asli, melainkan kuningan.’’jelas Kapolres AKBP Rudy.



Selanjutnya Karna Korban yang merasa dirugikan kemudian melaporkan hal tersebut kepada pihak berwajib. Setelah mendapat laporan,  Unit Reskrim Polsek Karanganyar berhasil membekuk pelaku dan digelandang ke Polsek Karanganyar untuk dilakukan pemeriksaan pada 12 Februari  lalu.

Selain mengamankan pelaku, dalam kasus tersebut, Jajaran Polres Kebumen juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, yaitu berupa 2 buah batangan warna kuning emas bertuliskan UNION BANK SWITZERLAND LM 999.9 UL.2743 SWISS dengan panjang 17,5 dan  lebar 4 centimeter. Selain itu satu buah batangan warna kuning emas depan bergambar Presiden Soekarno dan belakang bergambar Pancalisa, dengan ukuran panjang 6,5 dan lebar 4 centimeter.

Akibat perbuatan tersangka Kapolres AKBP Rudy menegaskan, pelaku dijerat dengan pasal 378 KUHP. Adapun ancaman hukumannya yakni pidana penjara paling lama 4 tahun. (K24/IMAM)


Post a Comment

0 Comments