SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Jelang Pilkada 2020, KPU Sosialisasikan Syarat Calon Perseorangan

Jelang Pilkada 2020, KPU Sosialisasikan Syarat Calon Perseorangan



KEBUMEN, Kebumen24.com – Pemilihan bupati dan wakil bupati kebumen kian semakin dekat. Sejumlah persiapan terus dilakukan oleh KPU kebumen guna mendukung suksesnya kelancaran pilkada yang akan berlangsung pada pada 23 september 2020 mendatang.

Dalam hal ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen mennggelar sosialisasi pemenuhan syarat dukungan dan persebaran kepada bakal pasangan calon perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang berlangsung di Gedung KPU Jl. Arungbinang No.14, Sabtu 15 Februari 2020.

Pada kesempatan itu Ketua KPU Kebumen Yulianto mengatakan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh bakal calon perseorangan Pilbup. Diantaranya, harus memiliki dukungan minimal 69.727 orang dan dibuktikan foto copi KTP elektronik dan tanda tangan pendukung yg tersebar di 14 kecamatan.


Selain itu, Surat pernyataan dukungan ini juga harus menggunakan formulir Model B, 1-KWK Perseorangan. Sdangkan untuk npenyusunan berbasis Desa/ Kelurahan dalam setiap kecamatan.

"Dokumen tersebut nanti akan di verifikasi yang meliputi verifikasi jumlah dukungan dan persebarannya, administrasi dan faktual. Verifikasi faktual langsung mendatangi setiap tempat tinggal pendukung," ujar Yulianto.

Lebih jauh Yulianto menambahkan, bahwa setelah melalui verifikasi, maka para calon perseorangan yang dinyatakan memenuhi persyaratan akan diberikan tanda terima pendaftaran formulir Model TT, 1-KWK. Untuk penetapan hasil verifikasi persyaratan pencalonan, persyararan bakal calon, penetapan pasangan calon peserta pemilihan nanti melalui rapat pleno dan dituangkan dalam berita acara penetapangan pasangan calon.
 "Dengan sosialisasi ini diharapkan bakal paslon terutama dalam hal pemenuhan syarat dukungan dan persebaran sudah dapat memahami dan paslon perseorangan sudah bisa mempersiapkan diri sejak dini," tutup Yulianto.(k24/ARTA)

Post a Comment

0 Comments