SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Jaga Ekosistem Air, Kapolres Kebumen Tabur Ribuan Benih Ikan Nila di Waduk Wadaslintang

Jaga Ekosistem Air, Kapolres Kebumen Tabur Ribuan Benih Ikan Nila di Waduk Wadaslintang



PADURESO, Kebumen24.com- Kepedulian jajaran Polres Kebumen akan pentingnya menjaga keberlangsungan ekosistem peraiaran, diwujudkan secara berkesinambungan dengan menabur ribuan ekor benih ikan di bendungan Waduk Wadaslintang, Rabu 26 Februari 2020.

Menggunakan dua perahu, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan didampingi pejabat utama Polres Kebumen dan Bhayangkari Cabang Kebumen menuju area tengah Waduk Wadaslintang untuk menabur sedikitnya lima ribu benih ikan air tawar berjenis Nila.

"Benih ikan ini tentunya untuk melestarikan ekosistem perikanan di tempat kita, baik yang ada di Waduk maupun di sungai," kata Kapolres.



Meski Waduk Wadaslintang berada diatas dua Kabupaten yakni Wonosobo dan Kebumen  Kapolres Kebumen mengharapkan, penaburan benih ikan ini akan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat.
  "Ini untuk generasi anak cucu kita ke depan nanti, supaya bermanfaat ikan-ikannya dan kita terpanggil untuk ikut melestarikan," ujarnya.

Ia juga meminta, agar masyarakat ikut serta dalam menjaga ekosistem perairan dengan tidak menangkap ikan dengan obat maupun peralatan yang dilarang sehingga dapat menyebabkan merusak lingkungan dan tatanan ekosistem.
 "Bagi masyarakat agar supaya ikut menjaga, merawat juga memelihara ekosistem kalau yang kecil jangan ditangkap dulu," tandasnya.



Tidak hanya keberlangsungan ekosistem di perairan, jajaran Polres Kebumen juga menunjukan kepeduliannya pada lingkungan dengan menanam pohon disejumlah Mapolsek di wilayah Kebumen. Hal itu dicanangkan selaras dengan salah satu dari sembilan program prioritas Kapolda Jawa Tengah yakni 'Go Green' yang menyematkan embrio 'Ayo Tandur, Ayo Rawat'.

Gerakan itu, kata Kapolres, akan diberlakukan bagi setiap anggota personel kepolisian di Polres Kebumen untuk menanam satu pohon di pekarangan maupun lahan lain untuk mengantisipasi terjadinya bencana.

"Jadi menanam setiap pekarangan rumah maupun pengarangan kantor satu orang harus menanam satu pohon. Fungsinya selain tanaman menghasilkan oksigen, bisa kita manfaatkan untuk menahan tanah longsor," pungkasnya. (K24/Hfd)

Post a Comment

0 Comments