SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Hari Terakhir Penyerahan Syarat Dukungan, Paslon Independen Sujud Sugiarto-Nugroho Budiyuwono Datangi KPU Kebumen

Hari Terakhir Penyerahan Syarat Dukungan, Paslon Independen Sujud Sugiarto-Nugroho Budiyuwono Datangi KPU Kebumen



KEBUMEN, Kebumen24.com- Mengklaim telah mengantongi sebanyak 70.000 syarat dukungan, bakal pasangan calon (Paslon) dari jalur independen, Sujud Sugiarto dan Nugroho Budiyuwono mendatangi KPU Kebumen, Jalan Arumbinang nomor 14 Kebumen pada hari terakhir penyerahan syarat dukungan.

Kedatangan Sujud dan pasangan bersama para simpatisan, tidak untuk menyerahkan syarat dukungan melainkan hanya datang. Sebab, input data online melalui aplikasi yang disediakan oleh KPU belum terpenuhi sesuai ambang batas minimal yang telah ditetapkan. 

"Mohon waktu sampai batas waktu hingga jam 24.00. Sebelumnya kita akan serahkan bukti fisiknya kemudian submit, sedangkan input sudah selesai online sebanyak 48.000," katanya, dihadapan jajaran KPU dan Bawaslu Kebumen, Minggu 23 Februari 2020.

 

Kepada awak media, Sujud sapaan akrab pria yang sebelumnya menjabat sebagai perangkat Desa Kewangunan, Kecamatan Petanahan mengungkapkan, dirinya akan menyerahkan bukti dukungan pada detik akhir sembari menunggu tim inputer mengolah data secara online. 

"Tapi insyaallah sebelum pukul 22.00 sudah selesai," ungkapnya.

Pemberangkatan dari titik kumpul di salah satu rumah di Gang Flamboyan l RT 02 RW 01, Panjer Kebumen keduanya diantar puluhan relawan dan pendukungnya mengunakan mobil dan sepeda motor. Suasana begitu meriah dengan tampilnya sendra tari cepetan. Tampak pula puluhan personel polisi dari Polres Kebumen mengamankan iring-iringan pendukung dan simpatisan menuju KPU Kebumen.

Pada kesempatan sama, Ketua KPU Kebumen Yulianto menjelaskan, tenggat waktu penyerahan berkas bukti dukung yang telah ditentukan selama tiga hari terhitung sejak 19-23 Februari 2020. Jika melebihi waktu itu, jelas Yulianto, maka tidak dapat diterima dan dinyatakan gugur.

 "Kami dari KPU telah menyerahkan tata tertib dan mekanisme terkait pencalonan independen dan penyerahan berkas. Proses penyerahan terakhir tanggal 23 februari mulai pukul 08.00 hingga 24.00 diserahkan satu kali," katanya.

Jika mengacu PKPU No 18 tahun 2019, jumlah syarat dukungan jalur independen ditetapkan berdasarkan perhitungan persebaran jumlah kecamatan, jumlah DPT dan prosentase minimal syarat dukungan di setiap daerah. Pilkada Kebumen mendatang, bagi bakal paslon independen harus mencapai ambang batas 6,5 persen dari DPT Pemilu 2019. Artinya, bagi bakal paslon wajib mengantongi sedikitnya 69.727 syarat dukungan yang tersebar di 14 Kecamatan. (K24/Hfd)

Post a Comment

0 Comments