SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Disarpus Kebumen Akan Melakukan Pengawasan Kearsipan Internal OPD

Disarpus Kebumen Akan Melakukan Pengawasan Kearsipan Internal OPD



KEBUMEN, Kebumen24.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Kebumen akan melakukan pengawasan kearsipan internal organisasi perangkat daerah (OPD) mulai bulan April hingga Juni 2020. Sebelum dilakukan pengawasan dan penilaian, hendaknya masing-masing pengelola kearsipan OPD memanfaatkan layanan konsultasi dan bimbingan teknis yang diberikan Disarpus hingga Maret 2020.

Kepala Disarpus, Anna Ratnawati mengatakan, pengelola kearsipan OPD agar benar-benar memanfaatkan layanan konsultasi dan bimbingan teknis sehingga pada akhrinya masing-masing OPD sudah siap untuk dilakukan pengawasan dan penilaian kearsipan internal.

“Arsip memliki peran penting karena sebagai dokumen negara yang harus dijaga dan memiliki kekuatan hukum sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang pengelolaan kearsipan. Karenanya, Anna menghimbau agar setiap OPD menyediakan sarana prasarana, SDM, dan  anggaran khusus untuk kearsipan pada tahun mendatang,”ujar Anna.

Anna menjelaskan, ada beberapa instrumen yang akan digunakan dalam melakukan pengawasan dan penilaian kearsipan internal OPD. Instrumen tersebut diantaranya adalah pengelolaan dan sumber daya manusia kearsipan.

  • “Nanti akan kita lihat seperti apa pengelolaan, kemampuan SDM dan pelayanannya kepada publik. Sebab semua hal tersebut untuk memberikan akuntabilitas dan kredibilitas OPD sebagai bagian dalam penyelenggara pemerintahan,” ujar Anna.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Arsip Nasional Rebuplik Indonesia (ANRI), Rudi Anton SH MH mengatakan, arsip merupakan asset sekaligus identitas dan alat bukti yang sah yang harus dijaga dengan baik.
 “Sudah semestinya setiap OPD memiliki kearsipan yang baik. Baik pengelolaannya, sumber daya manusia, sarana dan prasarananya. Terkait penyediaan sarana prasana, SDM, dan anggaran untuk kearsipan hendaknya juga dituangkan dalam bentuk keputusan Bupati,” ujar Rudi.

Rudi menandaskan, sebagaimana visi Presiden RI, Ir. Joko Widodo bahwa pemerintah Indonesia harus menyiapkan SDM yang andal sebagaimana generasi penerus masa depan bangsa. Hal ini bisa dilakukan di daerah, termasuk Kebumen dalam menyiapkan SDM-SDM andal tersebut khususnya di bidang kearsipan. 


“Setiap OPD juga hendaknya memberikan kesempatan kepada para siswa SMK/SMU untuk bisa magang sekaligus pembinaan dalam menyiapkan SDM-SDM kearsipan yang andal di masa mendatang,” kata Rudi.(K24/HUMAS PEMKAB)

Post a Comment

0 Comments