SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Detik Akhir Penyerahan Syarat Dukungan, Paslon Independen Dibuat 'Kemrungsung' Oleh Server

Detik Akhir Penyerahan Syarat Dukungan, Paslon Independen Dibuat 'Kemrungsung' Oleh Server


 

KEBUMEN, Kebumen24.com- Memasuki detik akhir penyerahan dan verifikasi dukungan bakal pasangan calon (paslon) perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen, satu-satunya paslon dari jalur independen Sujud Sugiarto-Nugroho Budiyuwono dibuat panik akibat server dinilai sedikit bermasalah.

Saat dikonfirmasi melalui aplikasi percakapan, Sujud Sugiarto menyampaikan, hingga pukul 21.24 WIB, tim input data masih berjibaku mengkonversi yang semula dari bukti fisik menjadi data online melalui aplikasi yang telah disediakan pihak KPU Kebumen.
 "Kita akan selesaikan, semoga sebelum pukul 22.00 dapat terselesaikan," katanya, Minggu 23 Februari 2020.

Ia menyebutkan, kendala yang dihadapi oleh puluhan tim inputer yang dimiliki yakni sulitnya mengakses aplikasi untuk mengunggah data dukungan. Sebelumnya, pada sore hari menjelang dirinya bersama relawan dan simpatisan mendatangi KPU Kebumen, telah terdata melalui aplikasi sebanyak 48 ribu syarat dukungan.

"Setiap kali sistem aplikasi kita bawa ke pos, ternyata error. Maka kita selesaikan di KPU," ucapnya.

Lebih lanjut, ia menduga bahwa sulitnya tahapan prosesi input data ini ada sejumlah oknum yang ingin menyabotase upaya tim yang sedang dilakukan.

"Jadi diduga kuat ada yang bermain virus didalam aplikasi Silon," imbuh Sujud.

Hal itu diyakini atas dasar, setiap daerah di luar Kebumen yang memiliki bakal paslon belum ada laporan terkendala masalah server.
 "Ini hanya terjadi di Kebumen, saya tanyakan Solo dan Purworejo tidak ada masalah," terangnya.

Terpisah, Ketua KPU Kebumen Yulianto menuturkan, mengacu regulasi yang ada, bakal paslon jalur independen untuk Pilbup Kebumen mendatang harus mengantongi ambang batas minimal sedikitnya 69.727 dengan pesebaran di 14 Kecamatan. Mengenai proses penyerahan, pihaknya terus menunggu sejak mulai tanggal 19-23 Februari hingga pukul 24.00 WIB.

"Jadi kesini harus bawa seluruh persyaratan seperti dokumen B1 1KWK dan B2 juga aplikasi harus selesai semua ada waktu sampai jam 12 malam nanti. Jadi tidak ada susulan," jelas Yulianto. (K24/Hfd)


Post a Comment

0 Comments