SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI 50 Siswa SPN Polda Jateng Mengikuti Latihan Kerja di Polres Kebumen

50 Siswa SPN Polda Jateng Mengikuti Latihan Kerja di Polres Kebumen



KEBUMEN, Kebumen24.com - Sebanyak 50 Siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jateng mengikuti latihan kerja (Latja) di Polres Kebumen. Pada kesempatan ini, para Siswa SPN belajar langsung di satuan kewilayahan.

Waka Polres Kompol Prayudha Widiatmoko saat pengarahan apel pagi Kamis 13 Februari 2020 mengungkapkan, Latja adalah salah satu proses atau tahapan yang harus ditempuh para Siswa saat mengikuti pendidikan kepolisian.

Ilmunya yang telah didapatkan di SPN akan diaplikasikan saat Latja dengan didampingi para seniornya di tiap-tiap Polres.

Teori yang didapatkan di SPN tidak semua bisa diaplikasikan di satuan kewilayahan, karena memiliki kearifan kebudayaan lokal dan kondisi geografis yang berbeda di tiap-tiap wilayah.


Ketentuan sama, tapi aplikasi di lapangan harus berbeda karena hal itu Ini menjadi tanggung jawab para senior saat mendampingi Siswa Latja untuk mendiskusikan teori dan pelaksanaan tugas di lapangan.

Meski mengikuti Latja di satuan kewilayahan, para siswa masih terikat dengan peraturan SPN.
 "Semoga Polres Kebumen bisa menjadi senior yang diidamkan oleh para Siswa SPN. Saat ditanya bisa jawab, saat kesusahan bisa menolong. Seluruhnya nanti akan bekerja satu kesatuan, mendukung tugas Polri," kata Kompol Prayudha.

Di Polres Kebumen, para Siswa akan mengikuti latihan di semua Satuan Fungsi. Siswa akan latihan di Sat Lantas bagaimana melakukan pengaturan lalu lintas, Sat Samapta bagaimana melakukan pengawalan, penjagaan dan pengendalian massa, Sat Reskrim melakukan penyidikan, Sat Intelkam, serta Sat Binmas melakukan pembinaan.

Berdasarkan informasi, untuk tahun anggaran 2019/2020 SPN Polda Jateng mendidik sedikitnya 660 Siswa calon polisi Laki-laki.

Selain Polres Kebumen, Latja digelar di seluruh Polres ex wilayah Kedu, ex wilayah Pekalongan dan Polresta Banyumas. Siswa akan mengikuti Latja selama 10 hari hingga tanggal 22 Februari.

Siswa mengikuti pendidikan kepolisian selama 7 bulan dan akan dilantik menjadi polisi berpangkat Bripda pada tanggal 6 Agustus 2020 mendatang. (K24)

Post a Comment

0 Comments