SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI 236 Kepala Desa Penerima Bankeupemdes RTLH Ikuti Bimbingan Teknis

236 Kepala Desa Penerima Bankeupemdes RTLH Ikuti Bimbingan Teknis



KEBUMEN, Kebumen24.com -  Sebanyak 236 Kepala Desa se Kabupaten Kebumen mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Desa Penerima Bankeupemdes RTLH,yang diselenggarakan  oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Kabupaten Kebumen.

Acara yang dilaksanakan di Hotel Mexolie Kebumen itu secara resmi di buka oleh Bupati Kebumen Yazid Mahfudz,  Selasa 25 februari 2020. Turut hadir dalam kegiatan tersebut para OPD terkait, Camat se Kabupaten Kebumen, serta para narasumber.


Dalam kesempatan itu, Kepala Disperkim LH Kebumen, Edi Rianto mengatakan, alokasi anggaran untuk program RTLH di Kabupaten Kebumen tahun ini mencapai Rp 58,7 miliar lebih. Adapun program RTLH tersebut berasal dari berbagai sumber. Yaitu P2MKM APBD Kebumen sebanyak 1.340 unit atau sebesar Rp 13,4 miliar. Kemudian, Dana Alokasi Khusus (APBN) 195 unit atau sebesar Rp 3,4 miliar. Selanjutnya dari BSPS (APBN) untuk 750 unit senilai Rp 13,1 miliar, CSR 50 unit sebesar Rp 750 juta, APBDes 2.100 unit sebesar Rp 21 miliar.

"Dari anggaran itu dialokasikan untuk 5.143 unit rumah. Sedangkan Banprov untuk 708 unit atau sebesar Rp 7,08 miliar," terangnya.
 


Sementara itu, Bupati Kebumen dalam sambutanya mengatakan, selain mendukung adanya kegiatan ini, Bupati juga menjelaskan, bahwa ditahun ini Pemkab Kebumen mendapat alokasi bantuan sosial untuk pembangunan RTLH sebesar Rp 7,08 miliar. Bantuan tersebut berasal dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Perumukiman Provinsi Jawa Tengah.

Sementara untuk bantuan Keuangan Pemerintah Desa (Bankeupemdes) RTLH tahun 2020 kepada Kabupaten Kebumen dengan alokasi 708 unit. Masing-masing menerima bantuan sebesar Rp 10 juta di 236 desa pada 26 kecamatan.
 "Bantuan ini langsung diberikan kepada penerima dan tidak dipotong pajak," ucapnya.

Bupati berharap Dengan bantuan tersebut, kegiatan penanganan RTLH di Kabupaten Kebumen dapat meningkatkan kualitas hidup dan derajat kesehatan masyarakat menuju Kebumen yang lebih sejahtera.
 " Pemberian bantuan-bantuan keuangan melalui RTLH ini semoga dapat bermamfaat bagi yang menerimanya,’’ujarnya.

Bupati menegaskan, program Bankeupemdes RTLH dibutuhkan peran aktif dari masyarakat secara gotong-royong dan semangat sosial. (K24/IMAM)

Post a Comment

0 Comments