SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Sekarang, Nikah Juga Bisa MPP Kebumen

Sekarang, Nikah Juga Bisa MPP Kebumen



KEBUMEN, Kebumen24.com - Kebahagian tengah menaungi pasangan Rahmat Soleh (27) dengan Umi Rofikoh (26). Wajah pasangan yang baru saja mengikrarkan janji pernikahan ini tampak berbinar-binar. Pernikahan mereka pun tampak istimewa karena dilaksanakan di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang baru saja diresmikan.

Tampak lebih istimewa, pernikahan anak dari pasangan Mashud dan Ibtiyah ini karena dihadiri Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa. Terlebih, saksi pernikahan keduanya yaitu Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz dan Kepala Kemenag H Panut. Pernikahan ini merupakan pertama yang digelar di MPP Kebumen, Jumat 20 Desember 2019.


Umi Rofikoh warga Dukuh Ketanggeran Desa Bandung Kecamatan Kebumen mengatakan, rencana awal proses ijab qobul pernikahannya akan dihelat di rumah. Akan tetapi pada satu minggu kemarin, dirinya mendapatkan tawaran menikah di MPP. Hal itu bertepatan dengan peresmian gedung pelayanan milik Pemkab Kebumen itu.

"Tanggal pernikahan sudah ditentukan sejak lama, kebetulan seminggu lalu ditawarkan menikah disini," katanya usai ijab qobul didampingi suaminya Rahmat Soleh.

Rahmat Soleh yang merupakan warga Kabupaten Wonogiri ini mengaku bahagia atas pernikahannya. Wanita yang dikenalnya sejak 6 bulan lalu telah resmi menjadi istrinya. Pada sisi lain, administrasi pernikahan dan kependudukannya langsung diterimanya usai ijab qobul.

"Ini langsung dapat buku nikah, kartu nikah, KTP dan kartu keluarga," imbuhnya.

Terpisah Kasi Bimbangan Masyarakat Islam Kemenag Kebumen H Khamid menjelaskan pernikahan di MPP memungkinkan dilakukan bagi warga Kebumen. Akan tetapi bagi masyarakat dari luar Kecamatan Kebumen harus menyertakan rekomendasi dari KUA setempat. Rekomendasi ini dalam bentuk izin pindah tempat nikah.

"Semua persyaratan sama hanya disini lebih mudah dan cepat karena langsung mendapatkan empat fasilitas Buku nikah, kartu nikah, KTP dan KK," jelasnya.
 
Khamid menambahkan, pelayanan nikah di MPP diawali perizinan dari KUA setempat calon pengantin. Kemudian nanti petugas melakukan ijab qobul sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. Dirinya juga menegaskan, ijab qobul di MPP tidak dipungut biaya sepeserpun.
 "Nikah disini gratis," tandasnya.(K24/LK/THR)

Post a Comment

0 Comments