SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI KEBUMEN24.COM - BERITA KEBUMEN TERKINI Hadapi Era Informasi 4.0, Humas Kebumen Belajar Kehumasan ke Pemprov DKI

Hadapi Era Informasi 4.0, Humas Kebumen Belajar Kehumasan ke Pemprov DKI

Foto Rabu 18/12/019 

JAKARTA,Kebumen24.com - Seiring dengan kemajuan informasi di Era Digital 4.0 yang begitu pesat. Humas dituntut hadir untuk memberikan informasi mengenai program kerja Pemerintah, dan sekaligus menyerap informasi, saran serta kritikan dari masyarakat. Untuk itu diharapkan, Humas bisa Berperan aktif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat secara cepat dan terpercaya.

Tekait hal tersebut, bagian Humas Setda Kabupaten Kebumen melaksanakan study komparasi ke Pemprov DKI Jakarta. Studi komparasi yang dilaksanakan Rabu 19 Desember 2019 itu, dalam rangka mempelajari kualitas pelayanan kehumasan yang ada di Pemprov DKI Jakarta.

Foto Rabu 18/12/019 
Kunjungan Study tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, dan Kabag Humas Setda Kebumen Drs Budi Suwanto Msi, beserta para Staf. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Biro KDH dan KLN Setda Prov DKI Jakarta, dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Prov DKI beserta jajaran terkait.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kebumen, H. Arif Sugiyanto, SH. Menyampaikan alasan memilih Pemprov DKI Jakarta sebagai tujuan study komparasi dikarenakan Jakarta merupakan Ibukota dan menjadi barometer Indonesia. Untuk itu, bisa dipastikan memiliki berbagai program yang baik dan patut dicontoh.

“Apa yang didapatkan dari kegiatan ini semoga bisa di implementasikan nantinya. Meskipun sarana dan prasarana berbeda,”katanya.
Foto Rabu 18/12/019 
Sementara itu, terkait pengelolaan protokoler dan kehumasan, Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH dan KLN) DKI Jakarta, Muhammad Mawardi mengatakan bahwa sebagai fungsi Kehumasan dan Protokol, harus bisa memberikan kenyamanan dan pelayanan kepada pimpinan. Begitu pula kesan yang disampaikan harus sampai ke masyarakat.

“ Humas dan protokol harus singkron dan bisa manyampaikan kepada masyarakat terkait Program kerja pimpinanya,”katanya.
Hal serupa juga disampaikan Kepala Bidang Informasi Publik Diskominfotik Pemprov DKI Jakarta  Raides Aryanto, mengatakan bahwa Era Informasi 4.0 adalah kolaborasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat. menurutnya, Porsi atau fungsi Kehumasan dan Protokol adalah sama, yaitu harus bisa mengupgrade pelayanan dan mengupdate informasi komunikasi kebijakan pemerintah daerah sesuai dengan kultur di masyarakat, apakah masyarakat melek teknologi atau tidak.

“Hal tersebut perlu disesuaikan agar penyampaian informasi kepada masyarakat menjadi lebih maksimal dan transparan,”ucapnya.
Foto Rabu 18/12/019 
Terkait kepengelolaan media sosial Humas, Aryanto juga menambahkan,  mengatakan bahwa kebanyakan khalangan masyarakat saat ini menggunakan media sosial. Untuk itu, humas harus bisa mengemas semua informasi dan implementasi kebijakan pemerintah daerah dalam konten kehumasan yang baik.

“ Baik itu pra pelaksanaan kegiatan, saat pelaksanaan kegiatan, dan pasca kegiatan. Bagaimana mengkomunikasikan kepada publik terkait implementasi kegiatan pemerintah daerah. Dalam hal ini, media sosial humas atau media lain yang humas miliki harus mampu menjadi rujukan bagi masyarakat terkait informasi,”imbuhnya.

Selain itu, Humas harus bisa mengikuti perkembangan zaman, dan menjadi humas millenial yang mampu mengemas serta menginformasikan kebijakan pemerintah dengan berbagai konten kreatif dalam era informasi yang serba cepat,” tandasnya.(K24/THR)

Post a Comment

0 Comments